Apa saja klasifikasi tingkat kecemasan?

cemas

(aditya) #1

Kecemasan yang terjadi pada seseorang memiliki tingkat kecemasan yang berbeda-beda. Apa saja klasifikasi tingkat kecemasan yang dialami seseorang?


(hanaaa) #2

Klasifikasi tingkat kecemasan menurut Stuart dan Sundeen (1998) dibagi menjadi 4 klasifikasi yaitu:

  1. Kecemasan Ringan, berhubungan dengan ketegangan dalam kehidupan seharihari. Kecemasan ini menyebabkan individu menjadi waspada dan meningkatkan lapang persepsinya. Kecemasan ini dapat memotivasi belajar dan menghasilkan pertumbuhan serta kreativitas.

  2. Kecemasan Sedang, memungkinkan individu untuk berfokus pada hal yang penting dan mengesampingkan yang lain. Kecemasan ini mempersempit lapang persepsi individu. Dengan demikian individu tidak perhatian yang selektif namun dapat berfokus pada lebih banyak area jika diarahkan untuk melakukannya.

  3. Kecemasan Berat, sangat mengurangi lapang persepsi individu. Individu cenderung berfokus pada sesuatu yang rinci dan spesifik serta tidak berpikir tentang hal lain. Semua perilaku ditunjukkan untuk mengurangi ketegangan. Individu tersebut memerlukan banyak arahan untuk berfokus pada area lain.

  4. Tingkat Panik dari kecemasan berhubungan dengan terperangah, ketakutan dan teror. Hal yang rinci terpecah dari proporsinya. Karena mengalami kehilangan kendali, individu yang mengalami panik tidak mampu melakukan sesuatu walaupun dengan arahan. Panik mencakup disorganisasi kepribadian dan menimbulkan peningkatan aktivitas motorik, menurunnya kemampuan untuk berhubungan dengan orang lain, persepsi yang menyimpang, dan kehilangan pemikiran rasional.

Berdasarkan teori di atas dapat disimpulkan bahwa kecemasan terdiri dari beberapa tingkatan yaitu kecemasan ringan, kecemasan sedang, kecemasan berat dan yang terakhir adalah tingkat panik.