Apa saja Klasifikasi Anjing?

Anjing adalah mamalia yang telah mengalami domestikasi dari serigala abu-abu (canis lupus) sejak 15.000 tahun yang lalu atau mungkin sudah sejak 100.000 tahun yang lalu berdasarkan bukti genetik berupa penemuan fosil dan tes DNA. Penelitian lain mengungkap sejarah domestikasi anjing yang belum begitu lama. Anjing sangat cocok sebagai hewan peliharaan di rumah.

Tidak hanya itu, kelebihannya berupa indera penciuman, indra pendengaran, dan indra penglihatan yang sensitive menjadikan anjing dapat diandalkan sebagai alarm yang setiap saat memberikan kode agar pemilik waspada akan datangnya bahaya. Anjing telah menjadi satpam yang andal dirumah. Pantaslah bila anjing menjadi sahabat terbaik, the best friend. Kini anjing sudah banyak menghiasi rumah-rumah mewah di perkotaan. Anjing telah menjadi binatang yang patut diberi perhatian dan curahan kasih sayang. Anjing dapat dilatih untuk membatu berbagai tugas manusia mulai dari berburu, menjaga ternak, penjaga, pelacak, hingga membantu terapi berbagai penyakit. Itu semua karena kelebihan dalam penciuman, pendengaran,dan penglihatan yang berasal dari nenek moyangnya, serigala.

Apa saja Klasifikasi Anjing ?

Klasifikasi anjing


Anjing telah berkembang menjadi ratusan ras dengan berbagai macam variasi, mulai dari anjing dengan tinggi badan beberapa puluh cm seperti Chihuahua hingga Irish Wolfhound yang tingginya lebih dari satu meter. Warna rambut anjing bisa beraneka ragam, mulai dari putih sampai hitam, juga merah, abu-abu (sering disebut “biru”), dan coklat. Selain itu, anjing juga memiliki berbagai jenis rambut, mulai dari yang sangat pendek hingga yang panjangnya dapat mencapai beberapa sentimeter. Rambut anjing bisa lurus atau keriting, dan bertekstur kasar hingga lembut seperti benang wol.

  1. Klasifikasi Anjing Menurut FCI
    FCI (Federation Cynologque Internationale) adalah otoritas Kinologi Internasional terbesar di dunia, didirikan pada tahun 1911 dan berpusat di Thuin, Belgia dan beranggotakan
    83 negara.2 FCI melakukan klasifikasi anjing ke dalam 9 grup besar yang didasarkan pada peran sosial dan tradisional anjing pada masa agrikultur, yaitu masa dimana anjing tumbuh dan berkembang di dalam berbagai trah/ras (breed) degan fungsi- fungsi khas yang unik.

    image

  2. Klasifikasi Anjing Menurut Ukuran
    Berdasarkan bobot atau ukuran anjing diklasifikasikan menjadi 4 kelompok yaitu small/kecil (1-10 kg), Medium/sedang (10-25 kg), Large/besar (25-50 kg) dan Giant/Raksasa (diatas 50 kg). Klasifikasi ini digunakan bagi produsen yang memproduksi pakaian untuk anjing serta produsen yang memproduksi perlengkapan untuk anjing secara spesifik.

    image

Klasifikasi Anjing Menurut American Kennel Club (AKC).


American Kennel Club adalah asosiasi anjing terbesar di Amerika Serikat. AKC mengklasifikasikan anjing ke dalam 7 kategori (Dog Breed Groups) berdasarkan fungsi anjing.

  • Herding
    Di banyak bagian dunia, herding dog masih tetap digunakan untuk mengumpulkan, menggiring dan melindungi ternak, fungsi yang sudah mereka lakukan sejak jaman prasejarah. Namun saat ini, beberapa ras herding dog seperti Herder/German shepherd dog, biasanya dilatih untuk tugas polisi dan tugas keamanan. Ras lain seperti Border collie, unggul dalam event kompetisi anjing. Karena loyalitas dan kecerdasan yang luar biasa, herding dog juga digunakan sebagai anjing peliharaan rumah dan anjing pengawas.

    image

  • Hound
    Kategori bagi anjing-anjing pemburu yang unggul. kategori anjing kelompok ini tidak ganas, mereka hanya memburu hewan-hewan yang merugikan manusia.
    image

  • Non-Sporting
    Pada dasarnya adalah ras anjing yang beragam. Keturunan dari kelompok anjing Non- sporting adalah kumpulan bervariasi dalam hal ukuran, bulu, kepribadian dan penampilan secara keseluruhan.
    image

  • Sporting
    Kelompok anjing ini dibiakkan untuk kegiatan aktif seperti berburu dan kegiatan lapangan lainnya. Bagi pemilik anjing Sporting perlu menyadari bahwa sebagian besar membutuhkan latihan yang teratur dan menyegarkan.
    image

  • Terrier
    Leluhur kaum terrier adalah para pengontrol hama berupa hewan pengerat. Ukuran yang relatif kecil memungkinkan mereka masuk memburu ke dalam celah sempit. Mereka cenderung tidak toleran pada anjing lain dan sangat energik. Sebagian besar terrier memiliki bulu lurus yang memerlukan perawatan khusus yang dikenal sebagai stripping untuk menjaga penampilan yang khas. Secara umum, kelompok anjing ini membuat hewan peliharaan menjadi lebih menarik, tetapi untuk itu membutuhkan pemilik dengan tekad untuk menyesuaikan karakter anjing tersebut.
    image

  • Toy
    Kategori ini dibiakkan untuk fungsi-fungsi yang tidak serius. Ukurannya relatif kecil sehingga untuk perawatan dan kebutuhan ruang dan pakan dalam skala lebih kecil.
    image

  • Working
    Kelompok ini dibiakkan untuk melakukan pekerjaan seperti menjaga rumah, menarik kereta dan melakukan penyelamatan korban bencana alam. Anjing jenis ini cocok sebagai hewan peliharaan untuk keluarga, berdasarkan ukuran dan karakternya anjing ini membutuhkan latihan yang khusus.
    image

1 Like