Apa saja kiat/tips menggunakan software product roadmap untuk pertama kalinya?

Product roadmap adalah ringkasan visual tingkat tinggi yang memetakan visi dan arah penawaran produk dari waktu ke waktu. Product roadmap mengomunikasikan mengapa dan apa di balik apa yang Anda bangun. Product roadmap adalah dokumen strategis pemandu serta rencana untuk melaksanakan strategi. beberapa kiat untuk membantu Anda mulai menggunakan alat peta jalan produk untuk pertama kalinya, apa sajakah itu?

Roadmap yang bagus dimulai dengan visi produk yang jelas dan menjelaskan pelanggan dan kekuatan pasar yang akan membentuk arah produk. Secara historis, roadmap dibangun menggunakan tools seperti Excel dan Powerpoint. Tetapi tools ini cenderung untuk memutuskan manajer produk dari strateginya, dan dapat menyulitkan dalam hal pembaharuan.

Manajer produk saat ini memiliki akses ke tools yang lebih baik yang memungkinkan mereka bekerja lebih efisien. Tools ini memungkinkan mereka untuk:

  • Membuat visual roadmap
  • Link strategy through the roadmapping process
  • Capture and score ideas
  • Berkolaborasi dengan semua orang (termasuk customer dan rekan non-teknis)
  • Integrasikan dengan sistem pihak ketiga

Membangun roadmap pertama dalam tools berbasis cloud lebih mudah dari yang dipikirkan. Serta keunggulannya adalah hanya perlu membuat sekali kemudian lakukan pembaruan tergantung pada versi roadmap yang ingin dilihat audiens.

Berikut ini beberapa kiat untuk membantu memulai menggunakan tools product roadmap untuk pertama kalinya:

  • Masukkan data
    Seperti yang diketahui oleh manajer produk berpengalaman, hampir tidak mungkin untuk memetakan dan menjaga informasi product roadmap di Excel dan PowerPoint serta sistem bug. Tools product roadmap memudahkan untuk menetapkan visi, tujuan, dan inisiatif strategis produk dan menghubungkannya ke rilis dan fitur.
    Langkah pertama dalam menggunakan tools roadmap adalah menambahkan semua informasi produk. Banyak tools yang memungkinkan melakukan ini dengan mengimpor CSV. Sebanyak mungkin jenis informasi harus diimpor.

  • Pilih rilis apa yang akan ditampilkan
    Setelah data diimpor, sekarang saatnya untuk mulai membuat roadmap. Di dalam tools product roadmap, pilih rilis mana yang ditambahkan ke roadmap. Secara default, sebagian besar perangkat lunak roadmap mencakup semua rilis yang diimpor. Tetapi jika hanya ingin menampilkan rilis tertentu kepada audiens dapat dilakukan penambahan atau hapus rilis pada titik ini untuk memastikan bahwa telah memiliki pandangan sempurna untuk roadmap.

  • Memilih fitur untuk di hightlight
    Setelah memiliki rilis yang dibutuhkan di roadmap, seseorang juga harus menyesuaikan fitur yang ditampilkan. Ini adalah metode yang memungkinkan untuk menyajikan informasi yang tepat yang disesuaikan untuk audiens.

  • Tentukan tanggal rilis
    Seringkali, perlu dikomunikasikan apa yang akan terjadi, tetapi seseorang tidak dapat berkomitmen untuk tanggal pasti. Banyak tools roadmap yang menggunakan tanggal internal atau eksternal untuk memberi kemampuan untuk mengkomunikasikan kerangka waktu sehari; minggu; bulan; perempat; setengah tahun; atau tahun. Ketika roadmap dibagikan, kemudian dapat dipilih apakah tanggal rilis internal atau eksternal yang akan disajikan.

  • Menyesuaikan Rilis dan Fitur
    Pemangku kepentingan internal akan memahami kepentingan strategis, yang disampaikan melalui tujuan dan inisiatif. Untuk melakukannya, sesuaikan detail yang ditunjukkan di rilis dan tingkat fitur menggunakan opsi dalam tools product roadmap. Untuk customer, dapat ditunjukkan tema rilis dan fitur utama yang menarik.

Referensi:
https://www.aha.io/roadmapping/guide/product-roadmap/how-do-product-roadmap-tools-work