Apa saja kiat memilih hamster yang sehat dan baik?

Apa saja kiat memilih hamster yang sehat dan baik ?

Apa saja kiat memilih hamster yang sehat dan baik ?

2 Likes

Kiat Memilih Hamster

Pada saat memilih hamster untuk pertama kalinya, kita harus dapat memilih hamster yang harus dapat memilih hamster yang sehat. Perhatikan tanda-tanda berikut ini agar tidak salah pilih.

  1. Hamster aktif, waspada, dan tidak menyendiri
    Pilih hamster yang memiliki sifat tersebut di atas. Caranya, cobalah ambil salah satu hamster dari kandangnya, lalu perhatikan tingkah lakunya. Tingkat keaktifannya dapat dilihat dari tingkah lakunya yang akanmenghindari tangan ketika akan ditangkap. Ketika sudah tertangkap, hamster yang aktif akan berusaha melepaskan diri dari genggaman. Selaain itu, hamster yang sehat akan langsung waspada ketika didatangi orang yang tidak dikenal.

  2. Makan dan minum secara teratur
    Hamster yang sehat akan makan dan minum secara teratur. Jadi, pada saat disediakan makanan dan minuman di tempatnya, dengan sigap hamster akan menghampiri tempat pakan dan akan makan dengan lahapnya. Namun, jika hamster sakit, dia tidak akan merespon atau walaupun menghampiri makanan yang disediakan.

  3. Bernafas dan berjalan dengan normal
    Pada saat memilih hamster, perhatikan ketika dia bernafas. Hamster yang sehat akan bernafas dengan stabil atau tidak terengah-engah. Cara jalannya pun dengan 4 kaki dan mampu berlari-larian dengan lincah.

  4. Rambut yang sehat dan mata yang jernih bersinar
    Ini adalah ciri hamster yang sehat dan bisa dipelihara. Jika rambut tidak lengkap dan matanya terlihat sayu/luka/berair, hal itu menandakan bahwa hamster tersebut tidak sehat dan sebaiknya jangan dipilih untuk dijadikan klangenan.

  5. Berumur 4-10 minggu
    Untuk pemula, sebaliknya pilih hamster yang berusia antara 4-10 minggu. Pada usia tersebut, hamster berada pada usia yang masih muda untuk dijinakkan. Di satu sisi, hamster juga sudah lepas sapih. Jika usia hamster sudah lebih dari 10 minggu, pilih yang sudah jinak. Jangan membeli hamster yang usianya kurang dari 4 minggu karena masih menyusu pada induknya. Jika usia hamster terlalu muda saat dibeli, risiko kematian lebih tinggi akibat kurangnya gizi yang seharusnya diperoleh dari air susu induknya.

  6. Berasal dari kandang yang sama
    Jika ingin membeli hamster lebih dari seekor, pilih yang berasal dari satu kandang. Tujuannya adalah untuk memperkecil keungkinan perkelahian antarindividu. Hamster yang berada dalam satu kandang biasanya sudah saling mengenal.

Referensi

Muhammad, K Y dan Kusumaningtyas, P. 2013. Hewan Kesayangan Mini & Eksotik. Surabaya : Niaga Swadaya.

Periksa Tubuh Hamster

Ambil kesempatan untuk memeriksa tubuh hamster selama beberapa menit. Lihatlah keseluruhan kondisi tubuh — hamster seharusnya tidak gemuk atau kurus dan tidak bengkak. Bulu hamster harus terawat dengan baik, yaitu berbulu dan halus, tanpa bercak kosong dimana bulu mudah ditarik/rontok. Periksa kotoran di sekitar bagian belakang atau basah pada ekor, karena hal ini dapat mengindikasikan masalah diare.

Mata, hidung, dan telinga hamster harus bersih dan bebas dari kotoran. Periksa bulu di sekitar mata dan hidung apakah ada tanda-tanda basah, noda atau kerak. Meskipun mungkin tidak mungkin dilakukan, cobalah untuk melihat gigi, karena mereka tidak boleh tumbuh terlalu besar dan harus selaras. Juga, periksa bulu yang basah atau kusut di bagian dagu.

Amati pernapasan hamster, seharusnya tenang dan tidak terengah-engah, tidak berbunyi mengi, berbunyi klik, atau suara gemericik. Sekarang, letakkan hamster ke bawah dan lihat ia bergerak. Seharusnya tidak menunjukkan tanda-tanda ketimpangan, kekakuan, atau keengganan untuk bergerak.

Lihat Kepribadian Hamster

Hamster harus cerdas dan ingin tahu dalam sikap dan tidak pernah lesu. Ini mungkin agak sulit untuk dinilai pada hewan nokturnal seperti hamster, tetapi dengan perhatian penuh dan mungkin beberapa dorongan yang sangat lembut, seekor hamster harus bangun dan tampaknya terangsang ingin tahu tentang apa yang terjadi.

Amati bagaimana hamster bereaksi terhadap orang lain. Meskipun sebagian besar akan gelisah pada awalnya, cobalah untuk memilih hamster yang relatif tenang saat didekati, dan tidak masalah jika dipegang oleh orang-orang.

Kiat untuk Memilih Hamster yang Tepat

  1. Cobalah untuk mengetahui usia hamster dan adopsi yang usianya semuda mungkin ( berusia sekitar 6 minggu adalah yang terbaik).

  2. Jika ada hamster berada di kandang yang sama — atau bahkan di toko yang sama — tampak sakit, tahan godaan untuk mengadopsi dari tempat tersebut. Jika itu menular, hamster selanjutnya mungkin akan jatuh sakit, bahkan mungkin setelah Anda membawanya pulang.

  3. Pastikan toko memisahkan jantan dan betina. Biasakan diri Anda dengan membedakan antara jantan dan betina, dan jika toko tidak memisahkan mereka atau tampaknya tidak yakin tentang jenis kelamin hamster, pindahlah ke toko lain.

  4. Jika toko tidak membiarkan Anda memegang hamster sebelum membeli, sebaiknya Anda pindah karena sudah pasti ada baiknya mencoba menangani hewan peliharaan potensial untuk menilai temperamennya.

Referensi

McLeod, Lianne. 2020. How To Choose a Healthy Hamster. https://www.thesprucepets.com/how-to-choose-a-healthy-hamster-1238939. Diakses pada 14 Mei 2020.