© Dictio 2017 - 2019, Inc. All Rights Reserved. Terms of Use | About Us | Privacy Policy


Apa saja keutamaan sholat shubuh ?

Sholat shubuh diperintahkan kepada umat muslim dengan segudang hikmah dan manfaat yang terkandung di dalamnya. Hal tersebut hanya dapat diterima oleh golongan orang yang mau terus belajar samapi akhir hayat. Apa saja keutamaan sholat shubuh ?

Seringkali banyak orang yang tidak menjalankan shalat subuh karena berbagai alasan misalnya malas untuk bangun tidur ataupun keenakan tidur dan pada akhirnya kesiangan. Untuk itu diperlukan kemauan dan kesadaran diri untuk menjalankannya.

Waktu subuh sendiri merupakan salah satu waktu yang sangat istimewa dari beberapa waktu lainnya, sehingga Allah memilih waktu subuh untuk memerintahkan kepada umat-umatnya untuk mengerjakan shalat. Di dalam Al-Qur’an dijelaskan mengenai keutamaan shalat subuh, penjelasannya sebagai berikut :

“Maka bertasbihlah kepada Allah di waktu kamu berada di petang hari dan waktu kamu berada di waktu subuh.” (QS. Ar Rum: 17)

“Dirikanlah shalat dari sesudah matahari tergelincir sampai gelap malam dan (dirikanlah pula shalat) Shubuh. Sesungguhnya shalat Shubuh tu disaksikan (oleh malaikat).” (Qs. Al-Isra’: 78)

Selain shalat subuh, perintah shalat-shalat lainnya pun sudah sangat jelas dalam Al-Qur’an, penjelasannya sebagai berikut :

“Sesungguhnya Tuhanmu mengetahui bahwasanya kamu berdiri (sholat) kurang dari dua pertiga malam, atau seperdua malam atau sepertiganya dan (demikian pula) segolongan dari orang-orang yang bersama kamu. Dan Allah menetapkan ukuran malam dan siang. Allah mengetahui bahwa kamu sekali-kali tidak dapat menentukan batas-batas waktu-waktu itu, maka Dia memberi keringanan kepadamu, karena itu bacalah apa yang mudah (bagimu) dari Al Qur’an.

Dia mengetahui bahwa akan ada di antara kamu orang-orang yang sakit dan orang-orang yang berjalan di muka bumi mencari sebagian karunia Allah; dan orang-orang yang lain lagi yang berperang di jalan Allah, maka bacalah apa yang mudah (bagimu) dari Al Qur’an dan dirikanlah sembahyang, tunaikanlah zakat dan berikanlah pinjaman kepada Allah pinjaman yang baik. Dan kebaikan apa saja yang kamu perbuat untuk dirimu niscaya kamu memperoleh (balasan) nya di sisi Allah sebagai balasan yang paling baik dan yang paling besar pahalanya. Dan mohonlah ampunan kepada Allah; sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS.al Muzammil : 20)

Jika anda melaksanakan shalat subuh, banyak sekali keutamaan yang nantinya bisa anda dapatkan. Apakah anda tidak takut sebagai seorang muslim jika disebut sebagai seseorang yang munafik karena telah melalaikan ibadah shalat subuh? Rata-rata masyarakat muslim pada umumnya melalaikan shalat subuh diakibatkan oleh aktivitas rutinnya yakni tidur. Hal ini sudah dijelaskan dan diperkuat dengan sabda Rasulullah Saw, penjelasannya sebagai berikut :

“Sesungguhnya shalat yang paling berat dilaksanakan oleh orang-orang munafik adalah shalat isya dan shalat subuh. Sekiranya mereka mengetahui keutamaan keduanya, niscaya mereka akan mendatanginya sekalipun dengan merangkak.” (HR. Bukhari no. 657 dan Muslim no. 651)

“Tidak ada shalat yang lebih berat dirasakan oleh orang munafik melebihi shalat Subuh dan shalat Isya’. Seandainya mereka tahu apa-apa yang ada padanya, pastilah mereka mendatanginya meskipun dengan harus mengesot. Dan sungguh, aku berpikir untuk meyuruh muadzin mengumandangkan iqamat. Lalu aku suruh seseorang untuk mengimami manusia, sementara itu kuambil api dan kubakar (rumah) orang-orang yang tidak keluar (mengerjakan) shalat subuh. (Al-Lu’lu wal Marjan no. 383)

Imam Al-Bukhari dan Imam Muslim meriwayatkan bahwa Abdullah bin Mas’ud radhiyallahu ‘anhu bertutur; “Disebutkan di hadapan Nabi Shalallahu ‘Alaihi wa Sallam adanya orang yang tidur semalaman sampai pagi tiba. Beliau bersabda, “Itulah orang yang kedua telinganya dikencinginya setan.” (Shahih al-Bukhari hadits no. 1144 dan Muslim hadits no. 774)

“Setan membuat tiga simpul di tengkuk salah seorang dari kalian saat dia tidur. Di setiap itu dia menghembuskan, ‘Malammu masih panjang, tidurlah!’ jika dia bangun dan berdzikir kepada Allah, maka lepaslah satu simpul lagi. Dan jika dia berwudhu, maka lepaslah satu simpul lagi. Dan jika dia shalat lepaslah simpul-simpul itu semuanya. (jika sudah begitu) pagi harinya dia akan bersemangat dan jiwanya bersih. Jika tidak, jiwanya kotor dan malas.” (Al-Bukhari hadits no, 3269)

Keutamaan Shalat Subuh

Berikut keutamaan-keutamaan menjalankan shalat subuh, penjelasannya sebagai berikut :

1. Dengan Menjalankan Shalat Subuh Akan Disaksikan Oleh Para Malaikat

Hal ini dijelaskan dari sabda Rasulullah Saw, penjelasannya sebagai berikut :

“Dan para malaikat malam dan malaikat siang berkumpul pada shalat fajar (subuh).” (HR. Bukhari no. 137 dan Muslim no.632)

2. Dengan Menjalankan Shalat Subuh Akan Dihitung Seperti Ibadah Shalat Semalaman Penuh

Allah menjanjikan kepada hamba-hambanya bahwa bagi mereka-mereka yang menjalankan ibadah shalat subuh, maka ibadah mereka tersebut akan dihitung setara dengan ibadah shalat semalaman penuh. Hal ini dijelaskan dari sabda

Rasulullah Saw, penjelasannya sebagai berikut :

“Barangsiapa yang shalat isya` berjama’ah maka seolah-olah dia telah shalat malam selama separuh malam. Dan barangsiapa yang shalat shubuh berjamaah maka seolah-olah dia telah shalat seluruh malamnya.” (HR. Muslim no. 656)

3. Dengan Menjalankan Shalat Subuh Akan Berada Dalam Jaminan Allah

Bagaimana anda masih ingin melalaikan shalat subuh, jika Allah saja memberikan kelebihan jaminan dari-Nya bagi hambanya yang melaksanakan shalat subuh? Hal ini dijelaskan dari sabda Rasulullah Saw, penjelasannya sebagai berikut :

“Barangsiapa yang shalat subuh maka dia berada dalam jaminan Allah. Oleh karena itu jangan sampai Allah menuntut sesuatu kepada kalian dari jaminan-Nya. Karena siapa yang Allah menuntutnya dengan sesuatu dari jaminan-Nya, maka Allah pasti akan menemukannya, dan akan menelungkupkannya di atas wajahnya dalam neraka jahannam.” (HR. Muslim no. 163)

4. Dengan Menjalankan Shalat Subuh Akan Menjadikan Salah Satu Pencegah Masuk Neraka

Manfaatkanlah kesempatan-kesempatan yang diberikan oleh Allah Swt, tanpa terkecuali kesempatan untuk melaksanakan kewajiban sebagai seorang muslim yakni shalat subuh. Dengan melaksanakan shalat subuh kita akan terhindar dari ancaman neraka yang mungkin berada di depan mata. Hal ini dijelaskan dari sabda Rasulullah Saw, penjelasannya sebagai berikut :

“Tidaklah akan masuk neraka orang yang melaksanakan shalat sebelum terbitnya matahari (yaitu shalat shubuh) dan shalat sebelum tenggelamnya matahari (yaitu shalat ashar).” (HR. Muslim no. 634)

5. Dengan Menjalankan Shalat Subuh Bisa Membawa Anda Masuk Surganya Allah

Nah, begitu mudahnya Allah memberikan nikmat kepada hamba-hambanya yang beriman dan bertaqwa dengan balasan surga, seperti halnya melaksanakan shalat subuh. Hal ini dijelaskan dari sabda Rasulullah Saw, penjelasannya sebagai berikut:

“Barangsiapa yang mengerjakan shalat bardain (yaitu shalat shubuh dan ashar) maka dia akan masuk surga.” (HR. Bukhari no. 574 dan Muslim no. 635)

Referensi :

Betapa banyak kaum muslimin yang lalai dalam mengerjakan shalat shubuh. Mereka lebih memilih melanjutkan tidurnya ketimbang bangun untuk melaksanakan shalat. Jika kita melihat jumlah jama’ah yang shalat shubuh di masjid, akan terasa berbeda dibandingkan dengan jumlah jama’ah pada waktu shalat lainnya.

Ketika kau bisa tunaikan shalat Subuh, ini berarti Allah swt memilihmu untuk menikmati indahnya subuh, nyamannya subuh dan segarnya alam, tatkala manusia lain masih lelap dalam tidur.

Keutamaan Shalat Shubuh


Apabila seseorang mengerjakan shalat shubuh, niscaya ia akan dapati banyak keutamaan. Di antara keutamaannya adalah :

1. Salah satu penyebab masuk surga

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ صَلَّى الْبَرْدَيْنِ دَخَلَ الْجَنَّة

“Barangsiapa yang mengerjakan shalat bardain (yaitu shalat shubuh dan ashar) maka dia akan masuk surga.” (HR. Bukhari no. 574 dan Muslim no. 635)

2. Salah satu penghalang masuk neraka

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

لَنْ يَلِجَ النَّارَ أَحَدٌ صَلَّى قَبْلَ طُلُوعِ الشَّمْسِ وَقَبْلَ غُرُوبِهَا

“Tidaklah akan masuk neraka orang yang melaksanakan shalat sebelum terbitnya matahari (yaitu shalat shubuh) dan shalat sebelum tenggelamnya matahari (yaitu shalat ashar).” (HR. Muslim no. 634)

3. Berada di dalam jaminan Allah

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ صَلَّى صَلَاةَ الصُّبْحِ فَهُوَ فِي ذِمَّةِ اللَّهِ فَلَا يَطْلُبَنَّكُمْ اللَّهُ مِنْ ذِمَّتِهِ بِشَيْءٍ فَإِنَّهُ مَنْ يَطْلُبْهُ مِنْ ذِمَّتِهِ بِشَيْءٍ يُدْرِكْهُ ثُمَّ يَكُبَّهُ عَلَى وَجْهِهِ فِي نَارِ جَهَنَّمَ

“Barangsiapa yang shalat subuh maka dia berada dalam jaminan Allah. Oleh karena itu jangan sampai Allah menuntut sesuatu kepada kalian dari jaminan-Nya. Karena siapa yang Allah menuntutnya dengan sesuatu dari jaminan-Nya, maka Allah pasti akan menemukannya, dan akan menelungkupkannya di atas wajahnya dalam neraka jahannam.”

4. Disaksikan oleh Malaikat

أَقِمِ الصَّلَاةَ لِدُلُوكِ الشَّمْسِ إِلَى غَسَقِ اللَّيْلِ وَقُرْآَنَ الْفَجْرِ إِنَّ قُرْآَنَ الْفَجْرِ كَانَ مَشْهُودًا

“Dirikanlah shalat dari sesudah matahari tergelincir sampai gelap malam dan (dirikanlah pula shalat) Shubuh. Sesungguhnya shalat Shubuh itu disaksikan (oleh malaikat).” (Qs. Al-Isra’: 78)