Apa saja keuntungan menggunakan teknik risk categorization pada qualitative risk analysis?

gambar
Risk Categorization adalah salah satu teknik yang digunakan dalam qualitative risk analysis, lalu apa saja keuntungan menggunakan teknik risk categorization ini?

Risk categorization adalah suatu teknik yang digunakan oleh organisasi dalam manajemen projek yang dimana risiko yang ada akan di kelompokkan berdasarkan dampak yang ditimbulkan dari risiko tersebut. Dari pengelompokkan pengkategorian risiko tersebut dapat membantu perusahaan dalam mengambil keputusan ketika risiko tersebut akan terjadi.

Keuntungan menggunakan risk categorization yaitu :

  • Membantu pemahaman manajemen seperti meningkatkan peluang untuk mengindentifikasi berbagai risiko secara luas, menyediakan solusi alternatif, dan membantu meningkatkan kinerja perusahaan/organisasi

  • Risk categorization memberikan pendekatan terstruktur untuk mengidentifkasi suatu risiko melalui semua bidang risiko yang dieskpolarasi tanpa adanya kegagalan.

  • Risk categorization bertujuan untuk meningkatkan efektifitas dan kualitas dari proses identifikasi dan analisis risiko sehingga perusahaan bisa memahami dan tanggap terhadap akan adanya kemungkinan suatu risiko yang akan terjadi

  • Risk categorization dilakukan dengan mengkategorikan risiko berdasarkan akar permasalahaanya sehingga perusahaan/organisasi dapat mengembangkan respon terhadap suatu risiko yang akan mungkin terjadi

  • Risk categorization juga membantu dalam proses Risk Assessment(Penilaian Suatu Risiko) dengan cara wawancara atau meeting dengan partisipan yang telah dipilih dan partisipan tersebut memiliki pemahaman terkait risiko yang telah dikategorikan sebelumnya sehingga membantu perusahaan dalam melakukan Risk Assessment berdasarkan hasil wawancara atau meetings yang diadakan.

  • Risk categorization memberikan kemampuan kepada perusahaan/organisasi untuk memantau dan mengendalikan risiko yang telah di identifikasi dan telah diklasifikasikan menurut akar permasalahan dari risiko tersebut.

Dengan adanya teknik risk categorization dalam perform qualitative risk analysis diharapkan dapat membantu perusahaan/organisasi dalam mengambil keputusan ketika risiko tersebut terjadi dan dengan adanya risk categorization ini juga membantu perusahaan/organisasi dalam memahami risiko yang ada.

Referensi :
https://leadershipchamps.wordpress.com/2008/06/02/why-do-we-need-to-categorize-risks/