Apa saja keuntungan menggunakan metode Sensitivity analysis pada quantitative risk analysis ?

Sensitivity analysis memungkinkan untuk mengetahui risiko mana yang punya dampak paling hebat terhadap keberlangsungan suatu proyek. Sensitivity analysis dilakukan dengan cara menganalisa kemungkinan perubahan suatu elemen. Apakah keuntungan dari metode tersebut ?

Beberapa keuntungan menggunakan sensitivity analysis pada quantitative risk analysis :

  1. Mengarahkan usaha manajemen.
    Analisis sensitivitas mengidentifikasi bidang yang sangat penting dalam pencapaian tujuan organisasi secara keseluruhan sebagaimana tercantum dalam visi dan misi organisasi.

  2. Sumber informasi perencanaan.
    Melalui penerapan analisis sensitivitas, informasi tersedia bagi manajemen dalam bentuk yang memfasilitasi penerapan penilaian profesional saat melaksanakan tugas manajerial mereka.

  3. Kemudahan otomatis.
    Proses menganalisis kemungkinan efek yang berbeda dari variabel akseptabilitas suatu proyek dapat dilakukan dalam sekejap dengan hanya memasukkan variabel dalam analisis sensitivitas perangkat lunak yang secara akurat akan melakukan perhitungan dan membiarkan Anda membuat keputusan.

  4. Penerapan kunci analisis sensitivitas adalah untuk menunjukkan sensitivitas simulasi terhadap ketidakpastian pada nilai input model.

  5. Membantu dalam pengambilan keputusan.

  6. Memprediksi hasil keputusan jika suatu situasi ternyata berbeda dibandingkan dengan prediksi utama.

  7. Membantu dalam menilai risiko suatu strategi.

  8. Membantu mengambil keputusan yang tepat dan tepat.

Menggunakan analisis sensitivitas dalam bpelaksanaan program atau proyek, yaitu untuk menilai jumlah risiko yang ada, menghitung dampak variasi pada komponen proyek, juga membantu manajemen mengidentifikasi jebakan sehingga dapat mengurangi beberapa potensi yang dapat merugikan dan disisi lain hal ini otomatis akan dapat meningkatkan tingkat keberhasilan proyek tersebut.

Referensi :
http://www.eklektika.id/2017/06/analisis-sensitivitas.html?m=1