Apa saja keuntungan memelihara hewan peliharaan (pet) bagi kesehatan manusia?


Apa saja keuntungan memelihara hewan peliharaan (pet) bagi kesehatan manusia ?

2 Likes

Menurut Foster and Smith (1997), terdapat keuntungan- keuntungan dalam memelihara pet bagi kesehatan manusia, yaitu:

Manfaat Secara Fisik Dan Kesehatan Fisik

1. Mengurangi kadar kolesterol
Orang yang memelihara hewan kesayangan ditemukan memiliki kadar kolesterol yang lebih rendah dibanding orang yang tidak memilikinya.

2. Mengurangi tekanan darah dan stres
Penelitian pada wanita pemilik anjing yang menjalani tes stres membuktikan bahwa kehadiran anjing mempunyai efek menurunkan tekanan darah dibanding kehadiran teman.

3. Meningkatkan harapan hidup penderita penyakit jantung
Kepemilikan anjing dapat meningkatkan daya tahan penderita serangan jantung.

4. Meningkatkan aktivitas fisik dan fungsi kesehatan
Kebutuhan akan merawat hewan menyebabkan pemilik mempunyai aktivitas yang dapat disamakan dengan latihan olahraga.

5. Mengontrol “ freezing ” pada penderita Parkinson
Selain merasa kaku, penderita Parkinson juga mengalami yang disebut “ freezing ”. Kaki mereka menjadi beku sementara bagian tubuh yang lainnya tetap bergerak. Hal ini menyebabkan orang tersebut jatuh. Hasilnya, beberapa orang penderita Parkinson lebih suka duduk terus-menerus dan enggan untuk berpindah. Anjing terlatih membantu untuk mengidentifikasi adanya “ freezing ” pada penderita. Apabila anjing menyentuh kaki yang mengalami “ freezing ”, maka kebekuan tadi akan hilang dan penderita Parkinson akan mampu melanjutkan berjalan.

Manfaat Secara Psikologis, Emosional Dan Sosial

1. Membantu merasa rileks dan nyaman.
2. Mengurangi stres.
3. Kebutuhan akan disentuh
Kemampuan untuk memiliki sesuatu yang dapat disentuh membuat keberadaan pet sangat penting. Serangkaian penelitian menunjukkan bagaimana pentingnya sentuhan untuk kesehatan fisik dan emosi kita.

4. Menghilangkan kesepian
Setiap orang membutuhkan teman dalam hidup sehari-hari. Memiliki pet juga bisa disamakan dengan teman hidup yang setia.

5. Memperbaiki mood
Jika kita dalam keadaan yang tidak mood, dengan melihat Memiliki sesuatu untuk dirawat.Setiap orang membutuhkan perasaan dibutuhkan dan memiliki sesuatu yang dirawat. Banyak lansia dan orang yang hidup sendiri mengatakan bahwa pet memberikan mereka alas an untuk hidup

6. Memiliki rutinitas

Ketika ditanya secara khusus kepada mereka yang memelihara hewan, apa yang bisa didapatkan dari hubungan mereka dengan hewan peliharaan, orang-orang biasanya menyebut ‘persahabatan’, memiliki teman bermain, dan kebutuhan untuk mencintai dan merawat makhluk lain. Tetapi didorong oleh laporan media dan buku-buku seperti The Healing Power of Pets: Memanfaatkan Kemampuan Hewan Peliharaan yang Menakjubkan untuk Membuat Orang-Orang Bahagia dan Sehat (Becker, 2002), masyarakat telah menerima kenyataan bahwa gagasan bahwa hewan peliharaan juga dapat berfungsi sebagai pengganti dokter dan ahli psikologi klinis. Gagasan bahwa hidup dengan hewan dapat meningkatkan kesehatan manusia, kesejahteraan psikologis, dan umur panjang telah disebut sebagai “efek hewan peliharaan” (pet effect) (Allen, 2003).

Demonstrasi pertama dari hubungan antara hewan peliharaan dan kesehatan adalah studi awal dari 92 korban serangan jantung di mana 28% pemilik hewan peliharaan bertahan selama setidaknya satu tahun dibandingkan dengan hanya 6% dari pemilik non-hewan peliharaan (Friedmann, Katcher, Lynch , & Thomas, 1980). Temuan ini menghasilkan banyak penelitian tentang dampak positif dari interaksi dengan hewan pemiliknya. Misalnya, membelai anjing dan kucing, menonton ikan di akuarium, dan bahkan membelai hewan peliharaan telah dilaporkan mengurangi tekanan darah dan tingkat stres. Yang paling meyakinkan dari studi ini adalah uji klinis dimana pialang saham hipertensi secara acak ditugaskan untuk kondisi hewan peliharaan atau tidak-hewan peliharaan. Enam bulan kemudian, ketika dimasukkan ke dalam situasi yang penuh tekanan, subjek dalam kelompok hewan peliharaan menunjukkan peningkatan tekanan darah yang lebih rendah daripada mereka yang berada dalam kondisi kontrol non-hewan peliharaan (Allen, Shykoff, & Izzo, 2001). Para peneliti juga melaporkan bahwa manfaat psikologis bertambah saat hidup dengan hewan. Ini termasuk studi yang menunjukkan bahwa pemilik hewan peliharaan memiliki harga diri yang lebih tinggi, suasana hati yang lebih positif, ambisi yang lebih besar, kepuasan hidup yang lebih besar, dan tingkat kesepian yang lebih rendah (El-Alayli, Lystad, Webb, Hollingsworth, & Ciolli, 2006).

Referensi

https://www.researchgate.net/publication/241645032_The_Impact_of_Pets_on_Human_Health_and_Psychological_Well-Being_Fact_Fiction_or_Hypothesis