Apa saja Keuntungan Komunikasi yang Efektif di dalam sebuah Organisasi?

Komunikasi di dalam sebuah organisasi adalah hal yang sangat penting. Komunikasi yang terjalin dengan baik dan efektif di dalam organisasi dapat menentukan kesuksesan organisasi tersebut. Lalu Apa saja keuntungan komunikasi yang efektif di dalam sebuah organisasi ?

Komunikasi dapat menyukseskan atau menghancurkan sebuah perusahaan. Komunikasi yang efektif dapat memecahkan masalah, menyatukan pekerja dan meningkatkan loyalitas karyawan. Dibutuhkan komunikasi untuk bekerja dalam tim, bahkan orang-orang yang bekerja secara individu harus melaporkan pekerjaannya ke atasan mereka. Komunikasi yang buruk menyebabkan kesalahan, kegagalan dan terkadang tuntutan hukum. Komunikasi yang efektif dapat membantu untuk mencegahnya.

Dibawah ini adalah keuntungan yang didapat dari bentuk komunikasi yang efektif di dalam organisasi:

  • Clear Expectations
    Komunikasi yang efektif membantu menerapkan harapan yang jelas untuk karyawan, dan mungkin pelanggan juga. Bagi karyawan, harapan yang jelas akan menunjukkan bagaimana kinerjanya akan berdampak pada perusahaan dan memberikan indikasi tentang apa yang harus dilakukan untuk dapat mencapai feedback yang positif. Bagi pelanggan, komunikasi yang jelas dapat membantu mengelola ekspektasi mereka tentang masalah layanan, produk atau bahkan bagaimana cara terbaik untuk mereka berkomunikasi dengan organisasi.

  • Increases Customer Satisfaction
    Bila komunikasi efektif di sebuah organisasi sudah menjadi budaya, maka tidak heran jika pelanggan memiliki pengalaman yang lebih memuaskan untuk berbisnis dengan organisasi/perusahaan. Perlakuan yang profesional dihadapan pelanggan akan menjadi nilai lebih di mata pelanggan, sehingga mereka akan membagikan pengalaman tersebut dengan orang lain, yang tentu saja ini dapat menguntungkan bagi organisasi/perusahaan.

  • Increases Productivity
    Bila karyawan mendapatkan informasi yang mereka butuhkan untuk melakukan pekerjaan mereka, maka pekerjaan tersebut dapat diselesaikan lebih cepat. Komunikasi yang efektif meminimalkan kesalahpahaman yang dapat membuang-buang waktu pekerjaan.

  • Managing Diversity
    Saat ini organisasi pasti memiliki beragam tenaga kerja dari campuran ras, kebangsaan, jenis kelamin atau kepercayaan yang berbeda satu sama lain. Sehingga sangat rentan terjadi diskriminasi pada kaum minoritas, jika peraturan mengenai promosi dan penilaian kinerja karyawan tidak jelas. Kebijakan yang jelas dapat menguraikan bagaimana perusahaan menerapkan reward dan penalty pada karyawannya. Panduan yang jelas dalam memberitahu pada karyawan mengenai bagaimana memperlakukan satu sama lain dapat membatu menghindari konflik yang tidak diinginkan.

  • Dealing With Problems
    Komunikasi yang buruk dapat menimbulkan berbagai macam masalah. Keterampilan komunikasi yang baik dapat mengatasi masalah, atau lebih baik mencegahnya di awal.

  • Strong Relationship
    Komunikasi yang efektif dapat membangun hubungan yang kuat. Kepercayaan dan kesetiaan adalah faktor kunci di dalam hubungan dan keduanya di dorong oleh komunikasi yang berfokus pada pemenuhan kebutuhan individu, menyampaikan informasi yang penting dan memberikan feedback positif

  • Ideas and Innovation
    Komunikasi yang diadakan secara terbuka dapat menghasilkan ide dan inovasi baru pada sejumlah bidang. Karyawan yang kreatif dan mengetahui seberapa pentingnya perusahaan, mereka dapat berfokus untuk melakukan perbaikan dan melihat peluang untuk terus melakukan inovasi yang dapat ikut berkontribusi dalam kesuksesan perusahan/organisasinya.

  • Strong Teamwork
    Komunikasi organisasi yang efektif akan menghasilkan kerja sama tim yang kuat dan kemampuan karyawan di seluruh divisi/tingkat organisasi untuk bekerja sama dalam mencapai tujuan organisasi.