Apa saja keuntungan bagi seseorang yang memiliki Kecerdasan Emosional yang baik ?

kecerdasan_emosional

(Arisha Yonna Tanu) #1

Kecerdasan emosional

Kecerdasan emosional merupakan kemampuan mengenali perasaan kita sendiri dan perasaan orang lain, kemampuan memotivasi diri sendiri, dan kemampuan mengelola emosi dengan baik pada diri sendiri dan dalam hubungan dengan orang lain.

Apa keuntungan bagi seseorang yang memiliki Kecerdasan Emosional yang baik ?


(Ava Nafiza Wibowo) #2

Kecerdasan emosional adalah kemampuan merasakan, memahami, dan secara efektif menerapkan daya serta kepekaan emosi sebagai sumber energi, informasi, koneksi, serta pengaruh yang manusiawi. Oleh karena itu, bagi orang-orang yang mempunyai kecerdasan emosional yang baik, maka mereka mempunyai keuntungan yang luar biasa.

Keuntungan-keuntungan bagi orang-orang yang memiliki kecerdasan emosional yang baik antara lain :

  • Kecerdasan emosional mampu menjadi alat untuk pengendalian diri sehingga seseorang tidak terjerumus ke dalam tindakantindakan bodoh yang merugikan diri sendiri dan orang lain.

  • Kecerdasan emosional bisa diimplementasikan sebagai cara yang sangat baik untuk memusatkan atau membesarkan ide, konsep, atau bahkan sebuah produk, dengan pemahaman tentang diri, kecerdasan emosional juga menjadi cara terbaik dalam membangun lobby jaringan dan kerjasama.

  • Kecerdasan emosional adalah modal penting bagi seseorang untuk mengembangkan bakat kepemimpinan dalam bidang apapun juga.

Tetapi, untuk mencapai tujuan di atas diperlukan kiat-kiat khusus yang dapat dilakukan yakni diantaranya, kemampuan untuk mengekspresikan diri, mengemukakan ide, gagasan atau pendapat dan mengkomunikasikan dengan orang lain. Bisa juga dengan pembelajaran melalui berorganisasi dan bersosialisasi.