Apa saja keunikan dari kota Jogja?

Jogja

Rindu dengan Kota Jogja, yang setiap sudut kotanya meliliki keistimewaan tersendiri. Keunikan Kota Jogja, yang mungkin kamu rindukan dan ingin kembali lagi bahkan ingin tinggal di kota yang super nyaman ini. Apa saja keunikan dari kota Jogja?

1. Papan Jalan Malioboro
Papan yang bertulisan Jl. Malioboro adalah papan petunjuk bahwa jalan ini bernama Jalan Malioboro. Lokasinya ada di ujung jalan sebelah utara dekat pembelokan arah Malioboro, atau selatan Stasiun Tugu. Papan jalan yang satu ini sangat terkenal di kalangan wisatawan yang berkunjung, mulai dari anak muda hingga ke orang tua juga. Saking ramainya, banyak yang rela antri untuk foto di dekat tiang papan. Kamu sudah pernah foto di sini belum?

2. Angkringan Kopi Jos
Angkringan identik dengan tongkrongan para orangtua dengan suasana remang-remang yang diterangi cahaya lampu teplok. Namun, saat ini tidak hanya orang tua saja yang nongkrong, banyak juga anak muda yang ikut makan dan berkumpul di angkringan ini, karena selain murah, angkringan ini juga bisa ditemui di banyak tempat. Salah satunya adalah angkringan kopi jos. Biasanya, mereka yang nongkrong di sini akan memesan beberapa makanan khas angkringan, seperti nasi kucing, tempe mendoan, dan sate usus. Sebenarnya kopi jos ini sama dengan kopi hitam pada umumnya, hanya saja kopi hitam ini di tambah dengan bara arang yang masih merah lalu di masukan ke dalam kopi nya, orang bilang biar makin jos kopinya. Sudah pernah minum kopi yang satu ini? Yang belum pernah wajib nyobain diangkringan timur stasiun tugu.

3. Musik jalanan
Jogja tidak hanya terkenal dengan makan ataupun minunya saja, tapi juga terkenal dengan seni budaya yang sangat unik banget, salah satunya adalah musik jalanan. Dulu, musik ini hanya ada di kawasan Jalan Malioboro, tapi kini sudah banyak di lampu merah disudut-sudut kota. Kalian kalau sudah pernah lihat pasti tau apa aja lagu yang biasa mereka nyanyikan. Bahkan, sekarang sudah ada juga penarinya juga, lho! Selain tampil di jalanan, mereka juga menerima jasa panggilan untuk mengisi acara seperti pernikahan, atau cara yang lainnya.

4. Pasar Beringharjo
Siapa nih yang kangen sama suasana pasar Beringharjo? Pasar ini paling dikenal dengan daster batiknya yang murah. Tidak hanya batik, di sini kamu juga bisa menemukan bunga mawar merah, putih. melati, dan berbagai macam makanan seperti pecel, sate, dan masih banyak lagi. Lengkap, kan!

5. Titik Nol
Kalau kalian sudah capek berjalan-jalan seharian di Kota Jogja, kamu bisa istirahat sejenak waktu malam hari di titik nol. Titik nol juga salah satu tempat favoritnya anak-anak muda. Biasanya, setiap malam minggu ada berbagai komunitas yang berkumpul untuk sekedar kopdar, kadang juga ada acara-acara yang tidak kalah seru yang bisa kamu lihat di sana. Namun untuk saat ini kawasan titik nol sedang tahap renovasi, jadi kalian yang ke Jogja tidak bisa menikmati suasana malam hari dititik nol dengan maksimal.

6. Bukit Bintang
Kita bergeser ke arah selatan. Buat kamu yang kurang puas menikmati malam di Kota Jogja, kalian masih bisa menikmati malam di salah satu tempat yang tidak kalah romantis, yaitu Bukit Bintang. Di sini kamu bisa makan malam sambil menikmati pemandangan hamparan lampu kota Jogja di malam hari.

Sumber: