Apa saja keunggulan dan kelemahan Focus Group Discussion(FGD) dalam Customer Research

Focus Group Discusion biasanya mengacu pada sekelompok orang biasanya 10 atau lebih sedikit. Kelompok biasanya terdiri dari sukarelawan yang berkumpul untuk mendiskusikan suatu produk atau ide tertentu. Mereka diminta serangkaian pertanyaan atau diberikan pernyataan kemudian mereka bebas berbagi pendapat, ide, dan reaksi mereka. Mereka mungkin juga diminta untuk mencoba produk baru. Semua tanggapan mereka dilihat dan dipelajari untuk mengukur reaksi dari populasi pasar yang lebih besar. Dalam Focus Group Discussion ini apa sajakah keunggulan dan kelemahannya ?

1 Like

Focus Group adalah sejenis metode penelitian kualitatif yang menempatkan sekelompok orang bersama di sebuah ruangan untuk membahas topik-topik tertentu. Ini bisa termasuk merek, perusahaan atau produk serta mencari tahu sikap yang berbeda tentang subjek atau figur (politisi misalnya). Focus Group secara tradisional dilakukan dengan tatap muka, tetapi Focus Group online melalui obrolan web dan forum online menjadi semakin populer dan lebih efektif biaya untuk bisnis. Mereka dapat dilakukan dengan jumlah orang yang berbeda sesuai dengan kebutuhan.

Advantages of Focus Groups

  1. Direct Interaction
    Focus Groups memungkinkan untuk secara langsung terlibat dengan pelanggan mereka. Mampu tatap muka dengan berbagai orang, demografi yang berbeda dapat memberikan wawasan yang lebih ‘nyata’ dan membantu untuk lebih mengenal pelanggan mereka.

  2. Not just words or speech (in person only)
    Dapat melihat peserta dan memonitor bahasa tubuh mereka dan tindakan lain dapat bermanfaat tergantung pada alasan di balik penelitian. Mereka juga akan dapat memberikan jawaban yang lebih mendalam dan lebih jelas daripada yang secara tertulis.

  3. Time and Money Saving
    Mewawancarai kelompok besar sekaligus lebih hemat biaya daripada mewawancarai secara individu. Anda tidak hanya menghemat waktu dengan mewawancarai beberapa orang sekaligus, tetapi Anda akan mendapat manfaat dari hanya memiliki satu sesi daripada beberapa sesi.Pengumpulan data lebih cepat.

Disadvantages of Focus Groups

  1. Not as In Depth
    Dibandingkan dengan wawancara individual, Focus group tidak seefisien dalam mencakup kedalaman maksimum pada masalah tertentu. Kerugian tertentu dari Focus group adalah kemungkinan bahwa anggota mungkin tidak mengungkapkan pendapat jujur dan pribadi mereka tentang topik yang ada. Mereka mungkin ragu mengekspresikan pemikiran mereka, terutama saat pikiran mereka bertentangan dengan pandangan peserta lain.

  2. Moderator Bias
    Moderator dapat sangat mempengaruhi hasil diskusi kelompok. Mereka mungkin dengan sengaja atau tidak sengaja, menyuntikkan bias pribadi mereka ke dalam pertukaran gagasan para peserta. Ini dapat mengakibatkan hasil yang tidak akurat. Moderator juga dapat memimpin peserta focus group untuk mencapai asumsi atau kesimpulan tertentu tentang sebuah gagasan atau produk. Karena takut menentang pendapat moderator, atau bahkan karena takut mengecewakan moderator, peserta mungkin tidak mengungkapkan pendapat mereka yang sebenarnya dan jujur.

Referensi 1
Referensi 2