Apa saja kesalahan yang sering dilakukan saat berdandan sehingga membuat wajah nampak lebih tua?

makeup-aging-you

Perempuan berdandan agar terlihat cantik dan tampak lebih muda. Namun tanpa disadari pemakaian makeup dengan cara yang salah dan berlebihan membuat wajah tampak lebih tua.

  1. Foundation Tak Sesuai Jenis Kulit
    Tidak memakai foundation akan membuat warna kulit tidak rata. Namun, memakai foundation terlalu berat juga akan memperjelas garis-garis halus dan kerutan di wajah sehingga semakin memperlihatkan kondisi kulit yang menua. The List merekomendasikan Anda untuk menggunakan foundation yang mampu menutupi kekurangan wajah tanpa membuat riasan terlihat cakey. Biasanya kulit wanita terlihat kering ketika usia semakin bertambah. Jika seperti ini kasusnya, Anda lebih baik memilih foundation cair, krim, atau bahkan tinted moisturizer. Selain jenis, warna juga patut untuk diperhatikan. Warna yang biasa Anda pakai saat kuliah atau bekerja belum tentu bisa Anda pakai beberapa tahun kemudian.

  2. Blush On Cokelat
    Kesalahan terjadi jika Anda mengaplikasikan blush on terlalu tebal atau terlalu sedikit, hingga salah pilih warna. Cara yang kerap direkomendasikan untuk memilih warna blush on yang tepat adalah dengan mencubit pipi Anda dan cari warna yang sama dengan cubitan tersebut. Hindari memakai warna yang terlalu cokelat atau merah karena jatuhnya akan terlihat kusam. Kemudian pilih blush on jenis krim karena jenis tabur bisa memperjelas garis halus dan kerutan. Untuk memberikan efek tampak muda, aplikasikan blush on di pipi kemudian usap ke atas (ke arah tulang pipi) dengan rata.

  3. Eyeliner Hitam di Bawah Mata
    Menggunakan eyeliner hitam di garis kelopak mata bawah membuat wajah tampak lebih tua karena memperjelas kerutan di sekitar mata. Pilih warna-warna netral, seperti putih, nude, atau cokelat gelap di bawah matae. Aplikasikan warna putih atau nude di area waterline untuk riasan no-makeup look. Kalau ingin menggunakan yang lebih gelap, pilih warna cokelat tua dari eyeshadow dan baurkan ke arah sudut garis kelopak mata bawah. Hindari memakai eyeliner jenis gel untuk teknik ini. Anda bisa membasahi angled brush yang dipakai untuk memudahkan pengaplikasian.

  4. Alis Tegas
    Semakin berumur, alis manusia semakin menipis karena alis juga bisa mengalami kerontokan. Untuk mengisi alis yang mulai menipis, gunakan eyebrow powder untuk menambah ketebalan dengan mudah. Mungkin eyebrow cream lebih baik dalam hal warna, namun ini bisa membuat garis yang dibentuk terlalu kaku. Hindari membentuk alis yang terlalu tajam atau tegas. Anda lebih baik hanya meninggikan sedikit dari bagian atas alis, bukan dari bawah. Aplikasikan dengan lembut dan tipis-tipis. Dengan teknik dan warna yang tepat, alis akan membuat wajah Anda lebih muda.

  5. Lipstik Gelap
    Bibir akan semakin terlihat menipis seiring bertambahnya usia. Mungkin sesekali memakai lipstik warna gelap tidak apa-apa, namun hindari jika Anda ingin terlihat lebih muda setiap harinya. Gunakan warna-warna soft dengan tekstur glossy atau sheer. Ini akan memudarkan garis di sekitar bibir dan membuat bibir tampak lebih lembab dan tebal. Jika Anda adalah penggemar lipliner, gunakan warna-warna netral yang sedikit lebih gelap dari warna alami bibir Anda kemudian baurkan dengan warna lipstik yang digunakan.

  6. Bedak Tabur
    Seperti yang sering disebutkan dalam poin-poin sebelumnya, jenis powder bisa memperjelas garis dan kerutan di wajah. Semakin bertambah usia Anda, wajah akan memproduksi sedikit minyak sehingga kulit menjadi cenderung kering. Gunakan setting spray daripada bedak tabur untuk membuat riasan Anda tahan lama.

  7. Eyeshadow Warna Terang
    Warna-warna eyeshadow yang terang mungkin terlihat seru untuk digunakan saat mencoba gaya riasan baru. Namun, hindari menggunakan warna-warna biru, hijau, atau ungu yang bisa memperjelas ciri-ciri penuaan pada wajah. Anda lebih baik sering menggunakan warna netral atau warna yang lebih gelap, misalnya biru tua atau hijau tua.
    Foto: Getty Images

  8. Maskara di Bulu Mata Bawah
    Sama seperti eyeliner untuk garis kelopak mata bawah, mengaplikasikan maskara di bulu mata bawah dengan teknik yang salah bisa membuat mata terlihat turun, bahkan membuat Anda seolah memiliki lingkaran hitam karena bayangan yang terbentuk. Gunakan maskara tipis-tipis di bulu mata bawah dan hindari maskara yang membuat bulu mata Anda menggumpal.

  9. Highlighter
    Wajah yang glowy dapat memberikan efek lebih muda pada wajah. Highlighter tentu menjadi trik yang memenuhi efek itu. Namun, ada area tertentu yang harus dihindari supaya efek yang diberikan tidak berlawanan dengan tujuan utama memakai highlighter. Hindari penggunaan highlighter di area browbone (tulang alis), garis senyum, atau garis mata. Ini akan memperjelas kerutan wajah. Pilih area yang tidak memiliki kerutan atau yang masih kencang, seperti tulang pipi atau batang hidung. Untuk jenisnya, pilih highlighter cair daripada powder.

Sumber: