Apa Saja Kesalahan Umum Yang Sering Terjadi Saat Membuat Research Question?

Sebagian besar bisnis dan organisasi lain bergantung pada survei ke tingkat yang lebih besar atau lebih kecil. Mereka menggunakannya untuk mencari tahu apa pendapat pelanggan tentang mereka, atau produk apa yang harus mereka kembangkan, atau masalah apa yang perlu diperbaiki. Namun seringkali organisasi tersebut tidak mendapatkan informasi yang akurat.

Dalam membuat research question, jika pertanyaan survei membingungkan atau ambigu, atau membatasi pilihan jawaban, mereka akan mendapatkan pandangan tanggapan yang tidak akurat.

Dalam membuat research question, ada baiknya kita luangkan waktu untuk mempelajari mengenai bagaimana membuat survei yang baik, dan apa saja penghalangnya.

Beberapa jenis kesalahan yang sering dijumpai dalam research question antara lain:

  1. Pertanyaan yang bersifat ambigu
  2. Pertanyaan yang diajukan ke calon pengguna tidak jelas
  3. Pertanyaan yang diajukan tidak memiliki inti pertanyaan
  4. Pertanyaan yang diajukan terlalu mirip dengan pertanyaan lain
  5. Pertanyaan yang diajukan tidak menawarkan pilihan respons yang memadai

image

referensi: Common errors in customer surveys | by Nick Gassman | UX Collective