Apa saja kesalahan Bermake up yang dapat membuat wajah terlihat lebih tua?

Make up memang menjadi prioritas sehari-hari bagi para perempuan untuk menunjang penampilan mereka agar terlihat tetap cantik. Dengan adanya make up, tentunya rasa percaya diri akan semakin meningkat. Tapi, terkadang penggunaan make up yang tidak tepat juga dapat membuat make up kamu terlihat lebih dewasa dari usia yang seharusnya lho, ladies.

  1. Menggunakan concealer terlalu banyak
    Untuk membuat kesan matte yang sempurna, pasti kamu menggunakan concealer dalam jumlah banyak. Jika kamu memilih warna yang salah dan pengaplikasiannya terlalu banyak, maka setiap bekas jerawat akan semakin terlihat dan hasilnya tentu wajah kamu akan terlihat lebih tua. Untuk menghindarinya, lebih baik kamu gunakan foundation secukupnya aja.

  2. Menggunakan maskara berlebihan di area bulu mata bagian bawah
    Menggunakan maskara pada bulu mata bagian bawah bisa memberikan kesan yang tajam dan ekspresif. Namun, terlalu banyak menggunakan maskara pada bagian tersebut akan membuat semua orang menatap bawah mata kamu dan kerutan sekitar mata akan semakin terlihat. Sebaiknya kamu menggunakan maksara secukupnya saja, ya.

  3. Warna foundation tidak sesuai warna kulit
    Memiliki wajah yang cerah tentunya menjadi dambaan setiap perempuan. Tapi, meski begitu kamu tetap harus menghindari penggunaan foundation yang warnanya tidak sesuai dengan warna kulit dan undertone kamu. Karena, jika kamu salah dalam memilih warna foundation tersebut tentunya wajah kamu akan terlihat belang dan jauh berbeda dengan warna leher juga warna kulit tanganmu.
    Agar kesalahan ini tidak terjadi pada make up mu, cobalah terlebih dahulu foundation yang ingin kamu gunakan dengan cara diusapkan di bagian dagu hingga leher kamu. Pilih warna yang hampir mendekati warna kulit leher kamu.

  4. Foundation yang berlebihan dan tidak merata
    Penggunaan foundation memang akan membuat wajah kamu terkesan lebih cerah dan mulus. Namun, penggunaanya yang berlebihan akan membuat wajah kamu terlihat lebih tua dan kurang natural lho. Selain itu, kamu juga harus berhati-hati dalam mengaplikasikannya. Jangan sampai foundation yang kamu gunakan tidak merata sehingga menimbulkan tampilan garis-garis halus dan kerutan serta membuat cakey nampak terlihat. Untuk menghindarinya lebih baik jika kamu menggunakan foundation cair maupun krim.

  5. Eyeshadow yang tidak berbaur dan tidak merata
    Kesalahan yang paling sering dilakukan para perempuan adalah saat menggunakan eyeshadow dengan tidak benar. Banyak sekali diantara kamu yang membaurkan eyeshadow tersebut tidak merata sehingga terlihat menor dan tidak natural. Kalau kamu ingin menggunakan eyeshadow dengan benar, gunakanlah blending brush dan sapukan kanan dan kiri kelopak mata berkali-kali. Tetapi, jika kamu tidak memilikinya don’t worry. Brush saja cukup membantumu kok, hanya saja kamu harus tahu bagaimana menggunakannya dengan tepat, yaitu saat mengaplikasikannya jangan menggenggam bagian tengah brush ya melainkan ujung brush agar eyeshadow kamu semakin merata.

  6. Highlight alis yang terlalu kentara
    Menggunakan highlight alis yang terlalu kentara juga nggak baik untuk penampilan kamu lho ladies. Menggunakan warna gelap yang intens untuk membuat alis kamu nampak jelas dan lebar justru akan membuat wajah kamu terlihat lebih tua lho. Lebih baik gunakan warna alis yang setingkat lebih cerah dari warna alis natural yang kamu punya.

  7. Terlalu banyak menggunakan eyeliner untuk bawah mata
    Untuk semakin menambah kesan tajam, biasanya penggunaan eyeliner dibagian bawah mata memang diperlukan. Tetapi mengaplikasikan eyeliner gelap untuk kelopak mata juga nggak baik lho. Justru akan membuat bagian bawah membuat mata kamu terlihat melengkung. Sebaiknya gunakan eyeliner berbentuk pensil dan jangan terlalu tebal dalam pengaplikasiannya karena akan membuat kamu terlihat lebih gelap dan tua.

  8. Penggunaan bedak yang berlebihan
    Penggunan bedak yang tepat tentunya akan membuat make up wajahmu terlihat sempurna. Tapi, jika digunakan terlalu banyak, maka bedak akan menjadi masalah ladies. Maka dari itu, hindari penggunaan bedak berlebihan khususnya di sekitar mata jika tak ingin kerutan sekitar mata semakin nampak dan kamu terlihat lebih tua.
    Perlu kamu ingat penggunaan blush on yang tepat bukan pada pipi kamu, melainkan pada tulang pipi yang terletak di dekat mata. Selain itu, konsep dalam menggunakan blush on bukan untuk memulas pipi, yang tepat adalah untuk memberikan kesan rona sehat pada wajah kamu. Jadi, lebih baik gunakan blush on yang tipis saja agar seolah-olah itu adalah rona wajah alami kamu, ya.

  9. Memilih warna lipstik yang salah
    Lipstik dapat membuat image seseorang semakin menonjol. Tidak ada salahnya untuk kamu bereksperimen dengan warna yang menyala dan berani. Tapi, kalau bibir kamu sudah berisi dan penuh sebaiknya kamu menghindari warna gelap untuk lipstik kamu. Tidak perlu warna gelap, kamu cukup menggunakan lipliner untuk membentuk bibir.

  10. Terlalu total pada semua bagian wajah
    Nah, ini bagian paling fatal dari semua penggunaan make up. Biasanya karena ingin terlihat sempurna kamu nggak akan tanggung-tanggung menggunakan make up secara berlebihan di semua bagian wajah kamu. Padahal pola pikir yang seperti ini sebetulnya sangat fatal, lho. Kamu justru akan terlihat norak dan wajahmu bahkan terlihat semakin tua. Sebaiknya kamu tampil natural dengan menonjolkan bagian salah satu wajahmu saja.

Sumber : https://www.shopback.co.id/blog/kesalahan-dalam-menggunakan-make-up