Apa saja kendala atau problem yang pernah teman-teman alami saat merawat tanaman? Dan bagaimana cara kalian untuk mengatasinya?

Menurut kalian, apa saja kendala atau problem yang pernah dialami saat merawat tanaman? Dan bagaimana cara kalian untuk mengatasinya?

1 Like

Kendala yang dialami umumnya soal kurang mengetahui mengenai cara merawat tanaman tersebut dengan benar, tetapi cara mengatasinya cukup mudah dikarenakan banyaknya sumber informasi di Internet

Kendala yang pernah saya alami adalah kurang tahunya cara untuk merawat tanaman tersebut secara baik dan benar. Untuk itu saya biasanya mencari info dari internet. Selain itu, terkadang faktor eksternal tak terduga seperti hadirnya hewan pengganggu (ayam, kucing liar) di sekitar rumah tempat menanam sering menyebabkan tanaman rusak. Saya mengatasinya dengan memindahkan tanaman ke tempat yang tidak mudah dijangkau oleh hewan tersebut. Masalah lainnya yaitu dengan kondisi cuaca yang terkadang berubah tiba-tiba, kadang panas terik, kadang hujan deras. Saya akan memberi perawatan yang sesuai dengan kondisi cuaca yang ada.

Saya pribadi, dalam menanam tanaman kendala yang seringkali menjadi faktor utama adalah:

Tanah kurang subur
Nah, seringkali tanaman saya mati karena pemilihan tanah yang kurang tepat dan juga sekarang ini sulit mendapatkan tanah yang subur disekitaran rumah. Biasanya, memesan pupuk kandang atau mencari arang sekam lebih praktis.
Tanaman terserang hama
Kutu putih menjadi hama yang sering menyerang tanaman, saya rutin menyemprot tanaman atau memangkas cabang tanaman yang terkena hama.
Kelebihan atau kekurangan air
Penyiraman air yang terlalu sering atau jarang membuat tumbuhan mudah rusak. Air diperlukan tanaman untuk berfotosintesis, zat pelarut mineral dan nutrisi dari tanah ke tanaman, mengatur membuka dan menutupnya stomata. Kurang atau lebihnya air berpengaruh terhadap pertumbuhan tanaman. Jika tanaman kekurangan atau kelebihan air daunnya menuguning dan layu, batangnya lemah (tidak cukup kuat sebagai penopang pertumbuhan tanaman), dan akarnya membusuk.
Itu aja sih kak dari aku hehe…