Apa saja kelengkapan yang harus dimiliki untuk kandang kenari?

Apa saja kelengkapan yang harus dimiliki untuk kandang kenari?

Beberapa kelengkapan kandang tersebut antara lain adalah sebagai berikut.

  1. Tenggeran
    Tenggeran Kenari sebaiknya dibuat dari ranting kayu. Bersihkan ranting kayu yang akan dijadikan tenggeran tersebut dari kulitnya. Kemudian, jemur ranting tersebut hingga kering. Oiya, sebaiknya gunakan ranting kayu yang diameternya antara 1-1,5 cm. Sediakan tenggeran seperlunya dan jangan terlalu banyak. Jumlah tenggeran yang terlalu banyak justru akan membatasi ruang gerak si Kenari.

  2. Cepuk Pakan
    Cepuk atau wadah pakan juga wajib kamu sediakan di dalam kandang ternak Kenari. Tujuannya agar pakan tidak berceceran dan terkena kotoran kenari di lantai. Letakkan pakan Kenari di dalam cepuk dengan cukup agar kebutuhan pakannya selalu terpenuhi. Jangan memberikan pakan yang berlebihan. Selain pemborosan, hal tersebut juga dapat menjadikan kandang cepat kotor. Karena banyak makan otomatis kenari akan banyak menghasilkan kotoran pula.

  3. Tempat Minum
    Selain cepuk pakan, tempat minum juga harus tersedia dia dalam kandang ternak Kenari. Berikan cepuk dengan ukuran yang cukup, jangan terlalu besar dan jangan terlalu kecil. Tuangkan air bersih untuk minum kenari. Berikan sekiranya 3/4 dari tinggi cepuk minum. Jangan lupa untuk mengganti air minum tersebut secara rutin setiap hari. Pastikan juga agar tempat minum tersebut selalu dalam kondisi bersih.

  4. Tempat Bertelur
    Sediakan tempat bertelur di dalam kandang Kenari betina. Kamu dapat membuat tempat bertelur menggunakan bahan seperti batok kelapa yang dibelah menjadi dua. Kamu juga bisa menggunakan anyaman rotan atau anyaman bambu jika punya.

    Selanjutnya jika kamu ingin lebih praktis, kamu dapat membeli yang sudah jadi di toko perlengkapan burung atau pasar burung. Pilih yang berukuran sedang saja, jangan terlalu besar dan jangan terlalu kecil.

  5. Sarang
    Selanjutnya yang perlu kamu siapkan di dalam kandang ternak kenari adalah sarang untuk mengeram. Tentu saja kamu hanya perlu menyediakan sarang di untuk kandang Kenari betina saja. Tidak perlu menyediakan kandang untuk indukan jantan.

    Sarang yang bagus adalah sarang yang terbuat dari serabut karung goni. Material karung goni dikenal lembut dan juga hangat. Sehingga dapat menjaga suhu proporsional untuk mendukung proses pengeraman telur. Untuk karung goni sendiri kamu bisa membelinya di toko atau pasar burung jika ingin lebih praktis.

  6. Lampu Penerangan
    Kandang ternak Kenari sebaiknya dilengkapi dengan lampu. Gunakan lampu dengan daya 5 watt saja sudah cukup. Letakkan lampu di bagian atas kandang yang tidak terlalu dekat dengan tenggeran.

    Nyalakan lampu saat malam hari atau saat suhu dingin saja. Lampu berfungsi sebagai sumber penerangan dan menjaga suhu di dalam kandang tetap hangat. Sehingga kenari betina merasa nyaman dan tidak terusik lantas meninggalkan telurnya yang seharusnya dierami.

Kurang lebih seperti itulah tata cara membuat kandang ternak Kenari yang tepat dan ideal. Pastikan agar kandang selalu dalam keadaan bersih dan terjaga kondisi suhunya. Sehingga Kenari kesayanganmu tetap sehat, terbebas dari penyakit, dan sukses dalam proses ternak kenari.