Apa saja kelebihan seni Tradisional?

Dalam perkembangannya, beberapa cabang cabang seni lahir sebagai bentuk dari pemikiran beberapa orang yang memanfaatkan ide kreatif serta jiwa seninya sehingga karya karya seni yang dihasilkan dapat masuk ke dalam setiap bentuk aktivitas bermasyarakat. Seni traditional menurut wikipedia adalah unsur kesenian yang menjadi bagian hidup masyarakat dalam suatu kaum/puak/suku/bangsa tertentu dan masuk kedalam unsur unsur kebudayaan masing masing.

Kelebihan seni traditional

  1. Dapat dinikmati oleh semua usia
    Setiap hasil karya seni traditional yang diciptakan lebih memiliki bentuk otentik dan asli yang dapat dinikmati oleh hampir semua usia dibandingkan dengan seni modern dengan bentuk modifikasi yang lebih disukai oleh beberapa kalangan tertentu. Maksudnya dapat dinikmati oleh semua usia disini adalah bahwa dalam pameran atau pertunjukan seni traditional semua bentuk gerakan tari, alunan musik, dan karya seni rupa bisa dilihat dan dirasakan karyanya oleh semua orang berbeda dengan seni modern yang lebih tersegmentasi pada kalangan anak muda.

  2. Mencerminkan budaya asli daerah
    Seni modern lebih dikenal sebagai salah satu budaya asing yang masuk dan menjangkiti para kaum muda diberbagai wilayah meskipun memiliki makna yang positif. Bentuk, gerakan, dan alunan yang terdapat pada seni modern lebih tidak tidak mencerminkan budaya asli daerah tertentu serta tidak mendukung bentuk pelestarian budaya pada anak muda. Berbeda jika dibandingkan dengan seni modern, seni traditional lebih mencerminkan kebudayaan asli nusantara karena berasal dan berkembang dalam wilayah wilayah terutama pedalaman yang belum tersentuh oleh budaya asing meskipun ada beberapa bentuk karya seni traditional yang tetap terpengaruh budaya asing namun tidak dominan dan tetap mempertahankan budaya asli daerah tersebut.

  3. Memiliki fungsi yang banyak
    Kelebihan lainnya yang dimiliki oleh seni traditional dibandingkan dengan seni modern adalah fungsi dari seni traditional yang lebih beragam serta sarat dengan banyak makna maupun cerita di dalam karyanya. Sebagian besar seni modern hanya berfungsi sebagai sarana hiburan, pertunjukan dan media pergaulan saja. Sedangkan seni traditional lebih memiliki banyak peran dan fungsi bahkan ada beberapa seni traditional yang sifatnya sangat sakral.