Apa saja kekuatan militer yang dimiliki Turki, sehingga Turki selalu berani berada digaris depan menentang Israel, Amerika dan sekutunya ?

gambar

“israel negara teroris” kata yang keluar langsung dari mulut seorang presiden Turki Recep Tayyip Erdogan. Kata itu cukup menggambarkan bagaimana sikap Turki yang dengan penuh mendukung Palestina dan dengan penuh juga sangat membenci Israel, seolah kata tersebut bisa diartikan sebagai “Kami Turki mendukung palestina dan siap perang melawan israel”. disisi lain padahal kita tau bahwa israel selalu mendapat dukungan Amerika negara adidaya nomor 1 dunia.
Dibalik keberanian Turki tersebut saya jadi penasaran apa saja sih kekuatan militer yang dimiliki Turki hingga mereka berani menentang Israel dan amerika yang dikenal sebagai negara adidaya nomor 1 dunia ?

Turki lebih dikenal sebagai tempat wisata alamnya yang indah tetapi untuk urusan pasukan militer cukup jarang bahkan tidak ada orang menyebut negara ini, padahal negara satu ini bisa dibilang luar biasa mengerikan. Tanpa banyak orang yang tahu, negara ini ada di peringkat 8 dunia membawahi negara-negara dengan pamor militer mentereng, termasuk Indonesia.Dalam 10 tahun terakhir militer Turki selalu stabil di grup kelas atas militer dunia. Tiap tahun mereka pun terus berbenah dan makin kuat. Alasan kenapa pamor Turki sebagai negara kuat tak pernah terangkat adalah lantaran mereka tak pernah benar-benar memamerkannya. Tak seperti Amerika yang tebar-tebar kapal induk mereka di banyak lautan. Inilah alasan kenapa pasukan militer Turki patut di waspadai.

  1. Jumlah tentara aktif Turki cukup banyak bahkan Turki menempati nomor urut 14 dengan tentara terbanyak di dunia.
  2. Kekuatan militer Turki juga sangat mematikan hal ini bisa dilihat dari banyaknya kendaraan tempur darat yang mereka miliki. Entah itu tank ataupun kendaraan taktis perang.
  3. Kekuatan udara Turki juga tak kalah hebatnya meskipun tak sekuat negara ASEAN lainnya tetapi kekuatan udara mereka tak dapat di remehkan
  4. Kekuatan laut yang dipunyai negara Turki meskipun tak banyak orang yang tau tetapi negara ini mempunyai militer laut yang luar biasa hebatnya.
  5. arameter kekuatan militer tak hanya soal jumlah tentara dan alutsista saja, tapi juga pendanaan. Bahkan dana atau budget bisa dibilang adalah faktor terpenting di atas segalanya. Dan Turki adalah salah satu pemilik budget militer terbesar di Asia dan Eropa.

Turki negara yang saat ini berada di posisi 9 dalam peringkat Global Fire Power terpaut 8 angka dari amerika yang saat ini berada di posisi pertama.
kekuatan militer turki dapat dilihat di situs berikut :

Turki berani menentang israel amerika dan sekutunya karena mereka berada di jalur yang benar.
palestina memang sudah seharusnya bisa merdeka seperti negara yang lain, untuk itu Turki selalu berani menentang mereka karena mereka tahu bahwa ada negara negara lain yang berdiri di belakang turki seperti Indonesia dan negara liga arab dan negara negara lain.