Apa saja keistimewaan Lensa fix 50mm?

Lensa fix 50mm

Fotographer maupun videographer pasti tau lah ketajaman lensa prime (fix) 50mm itu. Selain kualitasnya yang mantap (dan tajam) juga harganya yang terjangkau. Apa saja keistimewaan Lensa fix 50mm ?

Sebenernya banyak sih faktor-faktor kenapa lensa 50mm sering disebut lensa yang istimewa! kalo kata belfot ada 7 keistimewaan Lensa Prime 50mm:

  1. Cepat
    Lensa prime 50mm memiliki aperture maksimal yang memungkinkan kita memotret di kondisi minim cahaya. Dengan bukaan maksimal f/1.8 atau f/1.4, kita masih bisa memotret di kondisi remang saat lensa lain sudah menyerah.

  2. Performa Optik Sangat Bagus
    Kualitas gambar yang dihasilkan dari lensa 50mm, bahkan yang murah sekalipun (50mm f/1.8 misalnya) biasanya sangat tinggi. Lensa ini membantu anda menghasilkan foto yang lebih tajam dan juga berarti anda tidak perlu banyak mengeluarkan uang untuk menghasilkan foto yang bagus.

  3. Bisa berfungsi Sebagai Lensa Portrait di Kamera Crop
    Di kamera crop (apsc) dengan crop factor 1.5, lensa prime 50mm memiliki panjang focal efektif 75mm (50 x 1.5). Ini artinya jika anda memiliki kamera DSLR crop, maka anda sudah memiliki lensa tele pendek yang ideal untuk foto portrait.

  4. Tanpa Zoom alias Fixed
    Sudah jelas sih kalau lensa prime adalah lensa fixed alias tidak bisa di zoom. Untuk mengubah framing sebuah obyek foto, kita harus menggerakkan badan dan kadang kaki. Tanpa disadari, kemampuan komposisi dan pemahaman tabiat anda terhadap lensa ini mulai terbentu secara otomatis akibat kita harus bergerak untuk mendapat angle yang sesuai. Ini jelas sebuah nilai positif.

  5. Ringan
    Hampir semua lensa prime 50mm memiliki bobot yang enteng dibandingkan jenis lensa lainnya (kecuali lensa 50mm f/1.2 L milik Canon). Saat anda harus banyak berjalan atau sedang traveling, faktor bobot menjadi lumayan krusial. Memotret sebaiknya adalah proses yang bisa dinikmati, dan berjalan-jalan membawa lensa sebarat 1 kilo atau lebih adalah proses yang kurang nikmat.

  6. Mudah Disulap Menjadi Lensa Makro
    Sebuah lensa prime 50mm adalah lensa ideal jika anda ingin memiliki lensa makro tanpa harus membeli lensa khusus makro.

  7. Murah
    Lensa prime 50mm adalah sebuah lensa dengan kualitas fantastis dan yang lebih penting lagi harganya sangat terjangkau dibandingkan lensa lain. Anda bisa membeli lensa prime 50mm f/1.8 baik Nikon maupun Canon dengan harga sekitar Rp. 1 Juta. Yang STM sekitar Rp. 2 Juta.