Apa saja kegiatan dalam identifikasi resiko?

manajemen_risiko

(Naila Nazar) #1

Ada beberapa kegiatan di dalam identifikasi resiko.


(Putri Rizki Utami) #2
  • Strategis – hal ini memberikan perhatian pada jangka panjang dengan tujuan strategis organisasi. Mereka dapat dipengaruhi oleh bidang-bidang seperti ketersediaan modal, kekuasaan dan risiko politik, perubahan hukum dan peraturan, reputasi dan perubahan dalam lingkungan fisik.

  • Operasional – hal ini memperhatikan isu dari hari ke hari bahwa organisasi dihadapkan dengan usaha-usaha untuk yang dihadapkan pada tujuan strategis.

  • Keuangan – perhatian ini menitik beratkan pada manajemen yang efektif dan pengendalian keuangan organisasi serta pengaruh factor eksternal seperti ketersediaan kredit, nilai tukar mata uang asing, suku bunga dan pergerakan tekanan pasar lainnya.

  • Pengetahuan manajemen – perhatian ini fokuss pada manajemen yang efektif dan pengendalian pengetahuan sumber daya, produksi, perlindungan dan komunikasi.
    Faktor eksternal mungkin termasuk pada penggunaan yang tidak sesuai atau penyalahgunaan intelektual properti, kegagalan wilayah kekuasaan, dan teknologi yang kompetitif. Faktor internal mungkin menjadi kerusakan system atau kehilangan staf yang menjadi kunci keberhasilan.

  • Kepatuhan – perhatian isu-isu ini seperti kesehatan & keselamatan, lingkungan, deskripsi perdagangan, perlindungan konsumen, perlindungan data, praktek kerja dan masalah regulasi.

Sumber: https://bushido02.wordpress.com/2012/01/22/identifikasi-resiko/