Apa saja kebutuhan dasar manusia?

Kebutuhan Manusia

Salah satu kebutuhan teori yang paling populer adalah Maslow’s Hierarchy of Needs Theory. Maslow mengusulkan bahwa motivasi merupakan hasil dari upaya seseorang pada memenuhi lima kebutuhan dasar: fisiologis, keselamatan, sosial, harga diri dan aktualisasi diri. Menurut Maslow, kebutuhan ini dapat membuat tekanan internal yang dapat mempengaruhi perilaku seseorang.

  1. Kebutuhan fisiologis merupakan kebutuhan yang diperlukan untuk kelangsungan hidup manusia seperti udara, makanan, air, tempat tinggal, pakaian dan tidur. Sebagai manajer, Anda dapat menjelaskan kebutuhan fisiologis karyawan Anda dengan menyediakan kondisi kerja yang nyaman, jam kerja yang wajar dan istirahat yang diperlukan untuk menggunakan kamar mandi dan makan dan / atau minum.

  2. Kebutuhan keamanan termasuk kebutuhan-kebutuhan yang menyediakan rasa aman dan kesejahteraan kepada orang. keamanan pribadi, keamanan finansial, kesehatan yang baik dan perlindungan dari kecelakaan, bahaya dan merugikan mereka mempengaruhi semua termasuk dalam kebutuhan keamanan. Sebagai manajer, Anda dapat menjelaskan kebutuhan keselamatan karyawan Anda dengan menyediakan kondisi kerja yang aman, aman kompensasi (seperti gaji) dan keamanan kerja, yang terutama penting dalam ekonomi yang buruk.

  3. Kebutuhan sosial, juga disebut cinta dan milik, mengacu pada kebutuhan untuk merasa rasa memiliki dan penerimaan. kebutuhan sosial yang penting bagi manusia sehingga mereka tidak merasa sendirian, terisolasi dan tertekan. Persahabatan, keluarga dan keintiman semua pekerjaan untuk memenuhi kebutuhan sosial.

  4. Kebutuhan harga diri mengacu pada kebutuhan untuk harga diri dan rasa hormat, dengan harga diri yang sedikit lebih penting daripada mendapatkan rasa hormat dan kekaguman dari orang lain. Sebagai manajer, Anda dapat menjelaskan kebutuhan harga diri karyawan Anda dengan menawarkan pujian dan pengakuan ketika karyawan tidak baik, dan menawarkan promosi dan tanggung jawab tambahan untuk mencerminkan keyakinan Anda bahwa mereka adalah karyawan dihargai.

  5. Kebutuhan aktualisasi diri menggambarkan kebutuhan seseorang untuk mencapai potensi penuh nya. Kebutuhan untuk menjadi apa yang mampu adalah sesuatu yang sangat pribadi. Sementara aku mungkin memiliki kebutuhan untuk menjadi orangtua yang baik, Anda mungkin memiliki kebutuhan untuk memegang posisi-tingkat eksekutif dalam organisasi Anda. Karena kebutuhan ini bersifat individual, sebagai seorang manajer, Anda dapat menjelaskan kebutuhan ini dengan menyediakan pekerjaan yang menantang, mengundang karyawan untuk berpartisipasi dalam pengambilan keputusan dan memberi mereka fleksibilitas dan otonomi dalam pekerjaan mereka.

Apa saja kebutuhan dasar manusia? Bagaimana menurut anda ?