Apa saja kebiasaan-kebiasaan yang dapat merusak email gigi?

Terdapat beberapa kebiasaan buruk yang bisa membuat rusaknya email gigi. Apa saja kebiasaan-kebiasaan yang dapat merusak email gigi?

Beberapa kebiasaan buruk yang bisa membuat email gigi kita rusak antara lain :

Menyikat Gigi Terlalu Keras
Kebiasaan pertama yang bisa membuat rusaknya email gigi adalah menyikat gigi dengan terlalu keras dan kencang. Menggosok gigi dengan rutin memang terlihat sangat baik. Tapi bila aktivitas ini dilakukan dengan kekuatan yang keras dan tekanan yang kencang maka hal ini bisa membuat mineral yang ada pada email gigi jadi terkikis dan rusak. Jika hal ini terjadi maka tentu saja dentin gigi akan jadi terbuka dan sensitif pada jenis makanan yang masuk. Maka dari itu, cobalah untuk menggosok gigi dengan perlahan atau pelan. Jangan lupa juga gunakan sikat gigi dengan bulu yang halus dan lembut.

Mengigit benda yang keras
Berikutnya, kebiasaan yang membuat email gigi rusak adalah seringnya menggigit benda yang keras. Sekuat-kuatnya gigi Anda, tentu kebiasaan ini pastinya akan membuat email gigi rusak secara perlahan. Gigi memang sejatinya hanya digunakan untuk mengunyah dan menggigit makanan saja, bukan pada benda-benda yang keras.

Minum minuman bersoda
Bagi Anda yang sering minum soda sebaiknya mulai hari Anda hentikan kebiasaan tersebut. Pasalnya minum minuman yang mengandung soda ini akan membuat email gigi Anda jadi rusak. Selain minuman soda, minuman lain seperti energy drink, jus jeruk, lemon dan anggur juga sebaiknya dihindari.