Apa saja kebiasaan baik dan buruk pada anjing?

Apa saja kebiasaan baik dan buruk pada anjing ?

Setiap hewan peliharan pasti memiliki kebiasaan baik dan buruk. Begitupun dengan anjing. Pemilik hewan sudah tentu harus mengetahui setiap kebiasaan baik dan buruk dari hewan peliharannya itu. Lalu, apa saja kebiasaan baik dan buruk pada anjing ?

1 Like

Anjing dapat melakukan sesuatu karena tiap hari biasa melakukannya sampai menjadi kebiasaan. Kebiasaan itu ada yang baik dan ada yang jelek. Untuk membuat kebiasaan yang baik, harus dilakukan semacam pendidikan atau pelatihan. Caranya, anjing diajarkan dan dididik agar biasa melakukan kebiasaan yang baik. Bila mampu melakukan sesuatu yang baik, anjing selalu minta perhatian, seolah ingin dinilai pandai. Padahal yang dilakukannya sudah menjadi kebiasaannya setiap hari.

  1. Kebiasaan baik
    Walaupun sudah mempunyai kebiasaan baik tetapi suatu saat anjing dapat berbuat kesalahan. Anjing yang berbuat kesalahan segera diperintahkan untuk memperbaikinya agar anjing segera sadar telah berbuat kesalahan dan harus diperbaiki.

    Biasa dan kebiasaan merupakan salah satu dasar kemampuan anjing melakukan sesuatu yang baik. Perilaku anjing terletak pada kebiasaan yang dilakukan setiap harinya. Misalnya, anjing pelacak narkoba setiap hari biasa melakukan pelacakan. Contoh kebiasaan yang baik lainnya, yaitu anjing biasa membuang air kecil dan besar di atas kertas koran. Kebiasaan tersebut merupakan hasil dari didikan dan latihan. Bila sudah menjadi kebiasaan, tingkah laku atau perbuatan tersebut agak sukar dilupakan anjing karena kebiasaan itu sudah melekat dan menyatu pada dirinya.

    Jangan lupa, jagalah kebiasaan yang baik dari pengaruh yang dapat merusaknya. Kendati kebiasaan baik dapat diajarkan dan dididik tetapi masih perlu diwaspadai jangan sampai pengaruh jelek mengganggunya.

  2. Kebiasaan buruk
    Umunya, masih terdapat beberapa kebiasaan jelek yang melekat pada hampir sebagian besar anjing. Kebiasaan jelek tersebut antara lain sebagai berikut :

    • Anjing menggonggong tanpa alasan yang jelas, seolah asal menggonggong.

    • Ada pula anjing selalu merusak bermacam perabot rumah tangga dengan cara menggigit–gigit bila kesepian, kesal, sedih, ditinggal seorang diri, dan sebagainya.

    • Anjing membuang air kecil dan besar di sembarang tempat, lalu membersihkan anusnya di lantai.

    • Anjing selalu berusaha untuk duduk di atas kursi anggota keluarga.

    • Bila kondisinya menyebangkan, anjing seringkali berusaha menyandarkan tubuhnya pada tubuh manusia dan ingin bermanja-manja.

    • Hampir semua anjing peliharaan ingin keluar rumah, bahkan berusaha minggat bila ada kesempatan.

    • Anijng betina minta diberi makanan ketika anggota keluarga sedang makan.

    Caranya, anjing mendekat dan mencakar kaki salah seorang anggota keluarga atau berusaha mengambil makanan dari atas meja dengan berbagai cara. Kebiasaan jelek tersebut bila tidak dilenyapkan, anjing peliharaan tetap berperilaku demikian karena perilaku jelek sudah menjadi kebiasaan. Untuk menghilangkannya, diperlukan pendidikan dan latihan.

Referensi

Sanusi, Sani. 2004. Mengenal Anjing. Bogor : Penebar Swadaya.