Apa Saja Karakteristik dari Manajer yang Baik?

net-resizeimage

Untuk menjadi sebuah organisasi yang baik tentunya diperlukan skill manajerial yang baik pula. Apa saja karakteristik dari seorang manajer yang bisa dikatakan memiliki skill dalam manajerial?

Manajer yang baik menjaga agar tim tetap produktif dan termotivasi dengan tetap terorganisir dan berkomunikasi yang baik. Manajer juga berpera penting, apalagi dalam usaha kecil. Manajer yang buruk memperngaruhi moral karyawan, hubungan pelanggan serta kualitas produksi.

Berikut adalah karakteristik umum dari manajer yang memiliki skill manajemen yang baik :

1. Kepemimipinan
Manajer yang baik harus bisa memimpin karyawan yang mereka kelola. Menurut Administrasi Bisnis Kecil A.S sifat kepemimpinan meliputi stabilitas emosional, antusiasme dan kepastian diri. Manajer menampilkan stabilitas emosional dengan tidak membiarkan frustrasi dan stres menjadi luar biasa. Antusiasme berarti manajer energik dan bersemangat. Manajer menampilkan keteguhan diri dengan tidak terlalu terpengaruh oleh kesalahan atau kegagalan.

2. Komunikasi
Manajer yang baik harus bisa berkomunikasi dengan baik. Komunikasi dapat dilakukan secara pribadi, melalui telepon atau melalui email. Manajer yang baik juga bisa mendengarkan secara efektif. Mereka meluangkan waktu untuk mendengarkan apa yang dikatakan oleh karyawan dan pelanggan sehingga mereka mengerti apa yang dikatakan dan bertindak sesuai dengan apa yang harus dilakukan. Manajer yang baik juga sadar akan komunikasi nonverbal.

3. Perencanaan
Manajer yang baik itu mengorganisir. Mereka tahu apa yang perlu dilakukan dan kapan hal itu perlu dilakukan. Mereka tahu dan memahami tujuan bisnis Anda dan apa yang dibutuhkan oleh karyawan yang mereka awasi untuk mencapai tujuan tersebut. Jika ada tujuan atau sasaran, manajer yang baik dapat merencanakan langkah-langkah yang diperlukan untuk mencapai tujuan tersebut dan mengkomunikasikan langkah-langkahnya kepada karyawan yang perlu menerapkan langkah-langkah tersebut. Persis apa yang perlu direncanakan bervariasi tergantung dari jenis usaha. Biasanya, manajer yang baik harus dapat merencanakan jadwal, persediaan dan anggaran departemen.

4. Pemecahan Masalah
Manajer yang baik mampu mengidentifikasi dan memecahkan masalah. Entah itu masalah personil, pelanggan yang kesal atau vendor yang sulit. Manajer yang baik dapat memikirkan solusi kreatif untuk masalah, kemudian mengeksekusi solusinya. Manajer yang baik juga bertanggung jawab atas masalah yang timbul daripada menganggapnya sebagai tanggung jawab orang lain dan kemudian mengambil pendekatan etis dalam pemecahan masalah tersebut.

Referensi
Sineriz, Melinda Hill. “Characteristics and Attributes of a Good Manager”. 23 Februari 2018. http://smallbusiness.chron.com/characteristics-attributes-good-manager-34592.html.