Apa saja karakteristik dari Dugong hewan yang hampir punah?

image

Duyung atau dugong (Dugong dugon) adalah sejenis mamalia laut yang merupakan salah satu anggota Sirenia atau lembu laut yang masih bertahan hidup selain manatee dan mampu mencapai usia 22 sampai 25 tahun.

Berikut adalah informasi tentang dugong:
1. Penampilan Fisik
Bentuk dan ukuran mamalia ini secara umum dapat dibandingkan dengan lumba-lumba. Perbedaannya, dugong memiliki kepala yang tidak terlalu ‘streamline’ serta tidak memiliki sirip punggung. Dugong memiliki ekor mirip lumba-lumba dengan dugong dewasa berwarna coklat muda dan dugong muda berwarna coklat pucat. Dugong memiliki mulut besar untuk membantu mencari makanan rumput laut. Sirip mamalia ini berbentuk seperti dayung dan memiliki telinga dan mata yang terletak di sisi kepalanya dengan moncong yang besar.
2. Makanan
Seperti disebutkan sebelumnya, dugong adalah mamalia herbivora dengan makanan terutama berupa rumput laut. Menggunakan moncongnya, dugong mencabut rumput dari dasar laut kemudian menggoyangkan kepalanya untuk menyingkirkan pasir. Meskipun biasanya memakan rumput laut pada kedalaman 1 – 5 meter, dugong juga dikenal mampu menyelam untuk mencari makan hingga kedalaman lebih dari 20 meter. Mamalia ini harus makan setidaknya 50 kilogram rumput laut setiap harinya.
3. Habitat
Menurut survei Shark Bay Marine Park, Australia barat merupakan rumah terbesar bagi populasi dugong Australia. Terdapat setidaknya 10.000 ekor dugong di perairan Australia barat dan sekitar 80.000 ekor di seluruh perairan Australia. Laut Merah, Samudera Hindia, dan Samudera Pasifik juga dikenal sebagai habitat dugong (duyung).
4. Reproduksi
Pada usia 9 – 10 tahun, dugong telah matang secara seksual. Namun, dalam beberapa kasus kematangan seksual baru terjadi pada usia 15 tahun. Untuk menghindari predator seperti hiu, induk dugong melahirkan anaknya di perairan dangkal. Masa kehamilan berlangsung selama 12 – 14 bulan. Anak dugong tetap hidup dengan induknya hingga usia 1,5 tahun.Setelah melahirkan, induk dugong tidak akan hamil untuk masa 2,5 sampai 7 tahun.Mengingat tingkat reproduksi yang rendah, populasi dugong tetap rentan terhadap kepunahan.