Apa saja kandungan pasta gigi yang cocok untuk gigi sensitif?

Gigi sensitif

Gigi sensitif terjadi ketika lapisan dasar gigi yang bernama dentin menjadi terbuka, akibat berkurangnya jaringan gusi (selimut pelindung yang menutupi akar gigi). apa saja kandungan pasta gigi yang cocok untuk gigi sensitif?

Pasta gigi untuk gigi sensitif biasanya mengandung bahan tertentu yang tidak ada di pasta gigi biasa, contohnya Novamin atau calcium sodium phosphosilicate. Bahan ini, saat terkena air liur akan bereaksi langsung dengan melepaskan miliaran ion mineral di dalam mulut. Menurut hasil penelitian laboratorium, calcium sodium phosphosilicate atau Novamin ini mampu menutup tubulus dentin dan membentuk lapisan pelindung seperti hidroksiapatit di permukaan dentin dengan cepat.

Berbagai penelitian klinis pun sudah dilakukan guna menyelidiki khasiat calcium sodium phosphosilicate guna menghilangkan rasa sakit atau ngilu akibat gigi sensitif. Salah satu penelitian bahkan mengungkapkan bahwa menggunakan pasta gigi yang mengandung 5% calcium sodium phosphosilicate selama 8 minggu mampu mengurangi gigi sensitif secara signifikan.

Dan ternyata, Novamin terbuat dari berbagai bahan bioaktif yang juga digunakan dalam proses regenerasi tulang, mengobati radang pada gusi, membasmi kuman, dan membersihkan plak pada gigi. Mineral atau bahan dasar pembuat calcium sodium phosphosilicate ternyata juga bisa ditemukan secara alami dalam air liur. Hal tersebut membuat calcium sodium phosphosilicate dirasa aman untuk digunakan dan tidak beracun.

Kandungan pasta gigi desensitisasi antara lain :

  • Pasta Gigi Strontium Khlorida . Pasta gigi desensitisasi dengan strontium khlorida 10 % efektif menghilangkan nyeri hipersensitivitas gigi.

  • Pasta Gigi Kalium Nitrat . Pasta gigi kalium nitrat 5 % dapat meringankan nyeri terkait hipersensitivitas gigi.

  • Pasta Gigi Fluor . Pasta gigi natrium monofluorofosfat adalah cara efektif mengobati hipersensitivitas gigi.