© Dictio 2017 - 2019, Inc. All Rights Reserved. Terms of Use | About Us | Privacy Policy


Apa saja kamera mirrorless yang paling banyak dicari?

Kamera Mirrorless

Kamera mirrorless adalah kamera yang tidak memiliki cermin dan jendela bidik optik seperti kamera DSLR, sesuai julukannya yang berarti “tanpa cermin”, mirrorless sejatinya adalah DSLR yang dihilangkan bagian pemantul cahayanya (mirrorbox). Tanpa mirrorbox yang berfungsi membelokkan cahaya dari lensa ke jendela bidik optis, ukuran kamera mirrorless bisa dibuat jauh menciut dibandingkan DSLR, namun kualitas gambarnya setara karena image sensor yang digunakan sama besar.Oleh sebab itu, ukuran kamera mirrorless lebih kecil dan ringan dari kamera DSLR dan bisa ganti lensa.

Kamera mirrorless apa saja yang paling banyak dicari ?

Kamera mirrorless yang saat ini banyak dicari adalah salah satunya Sony Alpha A5100. Harganya yang berkisar 8,5 jutaan rupiah, kamera ini desainnya kecil dan lengkap dengan built-in wifi. Fitur videografi pada kamera ini dapat menghasilkan kualitas video 1080p pada 60fps.

Dibawah ini ada beberapa kamera mirorless terbaik yang bisa jadi rekomendasi untuk kamu memilih kamera yang sesuai dengan kebutuhan dan budget kamu:

1. SONY A5000

image

Kamera mungil dengan desain minimalis ini memili kemampuan yang cukup memadai, dengan kamera ini kamu dapat memilih beberapa lensa dengan panjang fokal tertentu, selain itu kamu juga bisa memasangkan lensa dari DSLR dengan merek lain. Kamera ini bisa kamu dapatkan seharga 5,5 sampai 5,9 juta rupiah.

2. FUJIFILM X-E2

Sebagai merek kamera yang pernah hampir tenggelam sekarang fujifim hadir dengan berbagai jenis kamera mirorless yang sedang gencar dicari oleh kalangan fotografer di dunia. Fujifilm XE2 adalah sebuah kamera mirorless yang dilengkapi kemampuan sensor berbeda dari kamera mirorless lain, selain itu hasil foto dari kamera ini akan lebih tajam dengan warna yang unik. Kamera ini juga dilengkapi oleh lensa XF yang bekemampuan menangkap fokus dengan cepat. Memiliki desain retro dan grip yang nyaman kamera ini bisa kamu dapatkan dengan kisaran harga 8 juta rupiah.

3. CANON EOS M10

Merupakan jenis kamera hybrid yang mendukung teknologi CMPS AF II dengan autofocus yang lebih akurat. Menggunakan senson CMOS APS dengan resolusi 18 MP dengan ISO yang dapat diupgrade hingga 25600. Kamera ini juga telah didukung oleh kemampupan flash, wifi, NFC dan tombol Mobile Device untuk dapat dihubungkan ke perangkat mobile kamu. Kamu dapat membeli kamera ini seharga kurang lebih 5 juta rupiah.

4. NIKON J5

Menyuguhkan perpaduan desain retro dan modern Nikon J5 mampu menghasilkan gambar berkualitas dengan penggunaan CX format BSI CMOS dengan sendor berkekuatan 20,8 MP. Selain itu dalam proses pengambilan gambar kamera mirorless ini dilengkapi fitur seperti Phase-Detect autofocus 105 points dengan kemampuan menangkap fokus pada subjek secara instan, fitur Continuous Shooting 20 fps dan fitur HDR (High Dynamic Range) dengan berbagai efek yang seru. Kamera ini dapat kamu beli dengan kisaran harga 5juta rupiah di toko kamera favorit kamu.

5. Panasonic Lumix DMC GX85

image

Kamera mirorless dilengkapi sensor mikro berukuran 4/3 yang unggul dengan segudang fitur untuk kamu yang suka mengambil gambar. Sensor stabilizer 5-Axis di body yang dipadukan lensa optic OIS LUMIx 2-Axis yang memungkin kamu mendapatkan foto dan video lebih detail. Selain itu 27 jenis lensa dapat dipasang pada mirorless tipe ini. Harga untuk mendapatkan kamera ini sekitar 10,5 juta rupiah itu sudah termasuk lensa kit 12-32 mm loh.

Oke, sekarang kamu sudah tahu kan kamera mirorless terbaik saat ini. Dari harga hingga fitur fitur yang kamu perlukan. Nah, sekarang tinggal cocokan dengan keuangan dan kebutuhan kamu.

Ringkasan

https://idseducation.com/articles/daftar-5-kamera-mirrorless-terbaik-yang-paling-banyak-di-cari/

SONY A7

Kalau menurut saya mirrorless yang saat ini paling dicari adalah Sony A7. Sony A7 adalah kamera full-frame yang paling fleksibel dan serba guna, harganya paling terjangkau (menurut saya), resolusinya cukup tinggi yaitu 24 MP. Kelebihan lain dibandingkan varian lainnya adalah adanya hybrid phase detection autofocus yang mempercepat autofokus saat memotret subjek bergerak di kondisi cahaya terang seperti di luar ruangan. Menurut saya, A7 cocok untuk foto liputan acara keluarga, memotret anak-anak bermain, portrait, bahkan pemandangan. 24 MP cukup besar untuk cetak ukuran panjang 1 meter.

Varian lain dari A7 juga diidam-idamkan banyak orang, yaitu Sony A7R. Sony A7R kamera yang dirancang khusus untuk profesional terutama untuk foto pemandangan/landscape, fashion, periklanan, produk dll. Sebabnya karena A7R memiliki resolusi gambar sangat besar yaitu 36 MP dan tanpa low pass filter sehingga hasil foto lebih tajam dan kaya dengan detail daripada varian A7 yang lain. Profesional menyukai A7R karena hasil gambar yang masih tajam meskipun di cetak dalam ukuran panjang lebih dari 1 meter. Baru-baru ini Sony juga sudah launching versi terbaru dari Sony A7R yaitu Sony A7R Mark III. Spesifikasinya tentu jauh lebih bagus begitu pula dengan harganya hehe. Penampakkan dari kamera terbaru Sony bisa dilihat di bawah ini

Baru ngeliat bodynya aja udah bikin kepingin beli.

Setiap brand mengembangkan sistem kamera Mirrorless-nya masing-masing. berikut ini merupakan jenis kamera mirroless yang sering dicari konsumen :

  1. Olympus dan Panasonic berbarengan membuat gebrakan sistem kamera yang baru ini memiliki sistem kamera four third dan mengembangkan filter-filter pemotretan

  2. Sony dengan ukuran sensor mirrorless terbesar (APS-C) lebih mengembangkan hasil dari pemotretan dan kemampuan membantu focus saat menggunakan lensa manual

  3. Pentax dengan mounting yang sama dengan Pentax terdahulu saat di jaman film, memudahkan untuk berganti lensa sesama Pentax walaupun lensa-lensa dari jaman film.

  4. Fujifilm menambahkan optical view finder untuk memudahkan membidik. Dan disain kamera Fujifilm ini terlihat berbeda karena menggunakan disain kamera jaman film.

  5. Samsung menggunakan sensor yang besar juga (APS-C) dan lebih mengembangkan ke arah smart camera, di mana jakaran kamera mirrorless samsung dibekali dengan fitur wi-fi, sehingga mudah untuk meng-upload gambar langsung ke jejaring sosial.

  6. Nikon, walaupun telah sukses menjadi produsen kamera DSLR besar, tetapi tetap mengeluarkan mirrorless dengan ukuran sensor mirrorless terkecil (croping factor 2x) dan dapat menghasilkan hasil yang baik dengan sensor kecilnya.

  7. Canon tidak mau kalah dalam “pesta” kamera mirrorless. Canon menawarkan kamera mirrorless yang dapat berganti lensa dengan tambahan adapter dan tetap bisa auto focus. Karena pastinya banyak jajaran lensa yang sudah banyak pembelinya.