Apa saja jenis ular peliharaan yang paling populer?

image

Di dunia banyak sekali jenis jenis ular, dari ular yang sangat mematikan atau berbisa sampai ular yang tidak mempunyai bisa sama sekali. Tetapi,masih banyak penggemar ular yang memelihara ular sebagai hewan peliharaannya. Apa saja jenis ular peliharaan yang paling populer?

Dari 3.000 spesies ular terdapat beberapa jenis ular yang dijadikan hewan peliharaan, dan berikut ini kami akan memberikan informasi kepada anda seputar Jenis Hewan Peliharaan yang paling banyak dipelihara antara lain :

1. Royal Python

image

Jenis ular ini populer karena mempunyai corak dan warna yang mencolok. Spesies dari Afrika Barat ini dinamai bola dari cara pertahanan dirinya, dimana ular ini akan menggulung dirinya menjadi seperti bola dan kepala dilindungi oleh tubuh yang berotot.

2. Ular Tikus

image

Jenis ular ini sangat populer dijadikan hewan peliharaan di negara bagian timur amerika serikat. Dalam perawatan ular ini sangat mudah, karena ular ini sangat mudah beradaptasi dan juga jinak.

3. California King Snake

image

Jenis ular ini mempunyai tubuh yang sangat panjang, panjangnya bisa mencapai 5 meter, memiliki tubuh yang kuat dan berotot. Dan ular ini dikenal sebagai ular tangguh di amerika serikat. King Snake juga menjadi salah satu ular populer di penangkaran.

4. Milk Snake

image

Milk Snake masih saudara dekat dari King Snake. Jika King Snake terkenal akan kekuatannya, maka Milk Snake terkenal akan keindahan pada tubuhnya yang dililit sisik berwarna merah, hitam dan putih.

5. Boa Constrictor

image

Jenis ular ini adalah pemangsa ulung dari amerika selatan dan utara. Sebelum mangsanya di telan ular ini selalu meremasnya terlebih dahulu sampai mati. Dan dengan gigi tajam dan otot rahang yang kuat, ia tidak memerlukan waktu yang lama untuk melahap mangsanya. Penggemar ular jenis ini harus membuatkan tempat yang cukup besar sebagai tempat tinggalnya. Ular ini mempunyai tubuh panjang mencapai 10 kaki atau hampir 3,5 meter.

1. Alevander Albino Ball Phyton

image

Ular jenis ini memiliki tubuh kuning dan mata yang berwarna merah, dan keindahan tubuhnya membuat ular tersebut menjadi salah satu jenis peliharaan termahal di dunia. Seekor ular jenis Alevander Albino Ball Phyton bisa dijual dengan harga kurang lebih Rp 532.000.000.

2. Corn Snake

image

Termasuk ular yang berwarna cerah. Biasanya Corn Snake berwarna oranye, dan juga bisa memiliki banyak warna lain dari hasil persilangan. Di bagian punggung Corn Snake biasanya ada warna merah atau kecoklatan, sedangkan di bagian bawah tubuhnya terdapat corak kotak-kotak. Ular ini juga jinak serta tidak berbisa.

3. Ular Sanca Kembang

image

Ular sanca kembang pada umumnya berukuran besar, bahkan biasanya bisa melebihi 10 meter. Tetapi ular berkulit indah ini seringkali dipelihara manusia sebab sifatnya yang relatif jinak. Selain dipelihara, ular sanca kembang juga sering dibawa ke dalam pertunjukan sirkus. Ukuran rata-rata ular sanca jantan 2,5 meter sedangkan untuk yang betina berukuran 3,1 – 3,6 meter.

4. Blood Python

image

Blood Python termasuk jenis ular yang terlihat lucu di mata para penyuka reptil. Badannya gempal dan panjangnya pun maksimal hanya 2 meter. Biasanya berwarna kecoklatan dan tidak berbisa, sehingga aman untuk pemula. Blood Python banyak terdapat di daerah Sumatera, tepatnya Semenanjung Malaya.

5. Milk Snake

image

Ular mungil ini memiliki beragam warna pada motif cincinnya. Mulai dari yang putih-hitam-kuning, kuning-hitam-merah, hingga merah gelap, cokelat, abu, dan sebagainya. Milk Snake juga tidak berbisa. Daya tarik ular ini ada pada warna tubuh, sehingga seringkali dipelihara pencinta reptil.