Apa saja jenis sapi termahal di Indonesia?

Sapi adalah hewan ternak anggota suku Bovidae dan anak suku Bovinae. Sapi yang telah dikebiri dan biasanya digunakan untuk membajak sawah dinamakan lembu. Sapi dipelihara terutama untuk dimanfaatkan susu dan dagingnya sebagai pangan manusia.
Apa saja jenis sapi termahal di Indonesia ?

1. Sapi Brahma

Sapi potong yang pertama adalah sapi Brahma. Jenis sapi ini banyak dikenal dengan sebutan nama brahman. Sesuai namanya, sapi potong ini berasal dari India. Fisiknya yang kuat menarik perhatian peternak sapi asal Amerika untuk mengembangbiakkan sapi Brahma.

Berkat teknologi di Amerika yang memadai, sapi Brahma telah dikembangbiakkan menjadi sapi dengan daging berkualitas dan bobot yang tidak akal-akalan. Sapi Brahma dapat diimpor dari Amerika dan kini terkenal sebagai sapi potong fenomenal.

2. Sapi Beefalo

Sapi Beefalo adalah hasil persilangan antara sapi Catallo yang merupakan sapi lokal Amerika dengan bison Amerika yang terkenal dengan bobotnya yang besar. Dari persilangan tersebut, terciptalah sapi Beefalo yang juga berukuran besar.

Sapi Beefalo disebut-sebut memiliki rendah lemak, rendah kolesterol jahat, dan tinggi protein ketimbang sapi-sapi pada umumnya. Selain itu, sapi Beefalo juga memiliki kulit yang sangat tebal menuruni kulit bison sehingga bisa beradaptasi dengan cuaca dingin yang ekstrim.

3. Sapi Limousin

Sapi Limousin adalah sapi potong impor yang banyak dicari di Indonesia. Jenis ini termasuk sapi tertua karena banyaknya gambar di gua nenek moyang Perancis. Habitat sapi Limousin berada di daerah yang sangat dingin. Sehingga rumput tidak tumbuh subur di sana.

Meski habitatnya sedemikian rupa, sapi Limousin lolos dari seleksi alam yang membuat mereka berkembang menjadi sapi potong dengan daging berkualitas. Namun bagusnya kualitas daging sapi Limousin tidak semata-mata atas seleksi alam. Peternak di Perancis berjuang menjaga kualitas sapi tersebut sehingga menghasilkan daging unggulan.

4. Sapi Angus

Selanjutnya, sapi Angus asal Skotlandia juga tidak kalah saing dengan sapi potong lainnya. Ciri sapi Angus adalah kulitnya yang berwarna hitam dengan bobot yang besar. Sapi Angus memiliki kualitas daging yang baik dan juga daya tahan tubuh yang tidak jauh berbeda dengan sapi Brahma.

Kualitas daging sapi Angus berdasar pada kandungan lemaknya yang sangat rendah sekaligus serat yang padat. Seperti sapi Beefalo, sapi Angus dapat beradaptasi dengan baik di segala cuaca.

Summary