Apa saja jenis penyakit Sifilis?

Sifilis atau raja singa adalah infeksi yang disebabkan oleh bakteri bernama Treponema pallidum. Apa saja jenis penyakit Sifilis?
image

Sifilis atau Raja singa merupakan penyakit seksual yang bisa menular dan disebabkan oleh Treponema pallidum. Sifilis itu sendiri bersifat kronis dan menahun. Bakteri terkait masuk ke dalam tubuh kita melalui selaput lendir atau bisa juga melalui kulit.

Gejala sipilis biasanya berkembang dalam empat tahap. Gejalanya bisa bervariasi dalam setiap tahapnya. Meskipun begitu, tahapan dalam gejala sifilis bisa tidak urut. Dalam tahapannya bisa berbolak balik.

Sifilis primer
Tanda-tanda Sifilis primer biasanya terjadi dari sepuluh hari hingga 3 bulan setelah kita terpapar bakteri Treponema. Gejalanya, akan terjadi lesi kecil dan juga tanpa rasa sakit pada bagian tubuh dimana bakteri tersebut awal masuk. Misalnya saja pada rektrum, lidah, bibir, atau alat kelamin. Meskipun kecil, tapi luka seperti ini bisa menyebabkan borok. Gejala lain terjadinya pembesaran pada kelenjar getah bening pada pangkal paha. Sifilis primer bisa sembuh tanpa pengobatan, akan tetapi infeksi tetap dan bisa menjadi sifilis sekunder.

Sifilis sekunder
Tanda-tanda dan gejala sifilis sekunder mulai 2 sampai sepuluh minggu setelah luka muncul dan mungkin termasuk seperti ini. Ruam kulit yang muncul seperti luka dengan warna merah atau coklat kemerah-merahan. Hal seperti ini terjadi pada bagian tubuh manapun bahkan ditelapak tangan dan juga kaki, Demam, Selalu merasa lelah dan perasaan tidak pernah merasa nyaman, rasa sakit, Kelenjar getah bening yang bengkak, Kutil mirip luka di daerah mulut. Gejala atau tanda-tanda Sifilis sekunder seperti ini bisa hilang dalam beberapa minggu atau akan hilang kemudian muncul kembali selama setahun.

Sifilis laten
Jika tidak ada penanganan lebih lanjut atau diobati, Sifilis sekunder akan berubah menjadi Sifilis laten. Sifilis tersembunyi yang seperti ini bisa berjalan selama berthaun-tahun. Tanda atau gejala yang sudah pernah terjadi tidak akan terlihat lagi. Tapi Sifilis laten akan berubah ke tahap selanjutnya. Yaitu Sifilis tersier.

Sifilis tersier atau terlambat
Orang yang mengalami sifilis dan tidak mendapatkan penanganan lebih lanjut akan mengalami komplikasi yang dikenal sebagai Sifilis tersier. Pada tahap akhir, penyakit ini dapat merusak otak, saraf, mata, jantung, pembuluh darah, hati, tulang dan sendi. Masalah ini dapat terjadi bertahun-tahun setelah infeksi awal. Beberapa tanda dan gejala sipilis akhir meliputi:

  • Gerakan otot tidak terkoordinasi
  • Kelumpuhan
  • Kematian rasa
  • Kebutaan bertahap
  • Dementia atau pikun

Cara penularan yang paling umum terjadi adalah adanya kontak fisik dengan orang yang terinfeksi. Dan itu terjadi selama melakukan aktivitas seksual. Bakteri memasuki tubuh melalui luka kecil atau lecet di kulit atau selaput lendir. Sifilis menular selama tahapan primer dan sekunder, dan kadang-kadang dalam periode laten awal.

Sumber : bakulobatherbal.com