Apa Saja Jenis Pengasuhan Peserta Didik Yang Ideal Pada Masa Pandemi?

Di masa pandemi yang belum kunjung usai, membuat sebagian siswa harus belajar di rumah secara daring, sehingga diperlukan fasilitas penujang dan pengasuhan orang tua yang cocok diterapkan di era kenormalan baru seperti saat ini. Lalu bagaimana cara pengasuhan yang baik kepada para murid pada saat pandemi seperti saat ini?

1 Like

Di masa pandemi ini tentunya membawa perubahan pada aktivitas belajar mengajar yakni,
pembelajaran dilakukan secara daring. Perlu kita ketahui juga, orang tua ataupun orang dewasa dalam lingkup keluarga memainkan peran penting untuk mendidik anak yang masih usia sekolah di masa sekarang ini. Berikut beberapa tips mendidik anak dimasa pandemi:

  1. Ajarkan anak berfikir positif
    Di masa sekarang ini, kecemasan akan meningkat lebih mudah apalagi setelah mendengarkan berita, membaca koran, atau di berbagai media sosial akan banyaknya korban jiwa akibat COVID-19. Sebagai orang tua jangan ikut menambah kecemasan dengan menceritakan hal-hal negatif kepada anak. Namun, orang tua juga perlu memberikan pemahaman tentang COVID-19 serta cara menjaga kebersihan diri dengan rajin cuci tangan dan tetap mengikuti protokol kesehatan saat berpergian.

  2. Tanamkan sikap mandiri
    Menanamkan sikap mandiri sebagai bagian dari penguatan karakter anak. Tidak selamanya anak bisa terus bergantung kepada orang tua dalam mengerjakan hal-hal ringan atau tugas sekolahnya. Sekali-kali biarkan anak berfikir sendiri dalam memecahkan tugas sekolah sehingga ia juga mendapatkan pemahaman. Namun, hal ini juga tidak berarti selaku orang tua lepas tangan dan tak mau membimbing anak mengerjakan tugas sekolah.

  3. Berikan apresiasi
    Ketika anak meraih prestasi atau mendapatkan nilai tinggi, berikan apresiasi kepada anak. Sehingga anak lebih semangat untuk belajar karena yakin bahwa lingukan keluarganya selalu hadir untuk mendukung hal-hal positif yang ia lakukan.

  4. Ajarkan anak membuat jadwal kegiatan
    Dengan membuat jadwal, anak lebih mudah membagi waktu antara bermain, mengerjakan tuga, membantu orang tua dan bermain. Anak juga belajar disiplin agar hidupnya lebih teratur dan tidak bingung lagi mengatur waktu.

  5. Mengisi waktu kosong dengan kegiatan positif
    Di rumah saja tanpa berpergian membuat anak lebih mudah bosan. Sesekali ajak anak untuk melakukan kegiatan positif yang menyenangkan untuk mengusir kebosanan. Seperti berkebun, menonton kartun atau film yang edukatif, mengolah bahan bekas menjadi tempat pensil, rak buku, dan sebagainya.

Sekian pendapat saya yah🤗