Apa saja jenis pakan alami untuk Ikan Nila ?

Ikan Nila

Pakan adalah salah satu hal yang memiliki peran penting ketika kita memelihara atau bahkan membudidayakan ikan nila, ini di karenakan ikan nila memerlukan sumber energi yang cukup juga untuk pertumbuhan serta perkembangbiakan ikan tersebut.

Apa saja jenis pakan alami yang dikonsumsi oleh Ikan Nila ?

Berikut ini jenis pakan alami untuk dikonsumsi ikan nila:

1. Azolla Microphylla

image

Azolla Microphylla adalah salah satu jenis tumbuhan paku air yang mengambang sejenis dengan kiyambang. Tapi memiliki keistimewaan tersendiri di banding jenis tumbuhan paku lainnya.

Untuk ikan nila usia 1 bulan dari larva sudah bias di beri azolla, naming yang perlu kita ketahui adalah pemberian azolla terhadap ikan nila sebaiknya dalam bentuk kering karena proteinnya lebih tinggi di banding azolla basah yang cenderung memiliki kadar air yang tinggi ini mengakibatkan protein azolla rendah karena hanya dapat mengenyangkan saja dan hal ini dapat mengakibatkan keterlambatan pertumbuhan ikan.

2. Ampas Kelapa

image

Ampas kelapa memiliki kandungan nutrisi yang cukup tinggi dan ini adalah salah satu bahan pakan ikan nila yang cukup memiliki kualitas bagus dan baik untuk di kosumsi. bisa di coba untuk sediakan ampas ini supaya nutrisi ikan nila tetap seimbang. pemberian pakan dalam bentuk ampas kelapa ini dapat di berikan dengan cara di tebar langsung dalam kolam, bisa juga di fermentasikan terlebih dahulu, atau campurkan bahan ampas kelapa ini menjadi campuran pembuatan pelet ikann nila.

3. Daun-daunan / sayur-sayuran

image

Daun- daunan / sayur – sayuran yang lembut teksturnya bisa di berikan kepada ikan nila dengan cara di cincang – cincang dan ukurannya bisa di sesuaikan dengan kecil / besarnya ikan nila. jenis dedaunan / sayuran yang dapat di berikan adalah kol, sawi, bayem atau kangkung.

4. Roti yang telah kadaluarsa/sisa-sisa makanan

Bisa coba untuk memamfaatkan sisa – sisa roti yang sudah kadaluarsa / Sisa – sisa makanan, cara ini bisa sangat bermamfaat untuk para petani ikan / pembudidaya ikan. Pemberian pakan dengan cara ini cukup asing dan mengkhwatirkan karna sudah kadaluarsa yang di berikan, tapi yang perlu di ketahui sudah ada sebagian orang mencoba hal ini beberapa tahun terakhir. untuk pemberian pakan dari sisa – sisa makanan sebagian orang mencari ke tempat – tempat makan terkadang mereka bisa mendapatkan dengan gratis / bayar tapi dengan harga yang cukup sangat murah.

Sumber: