Apa saja jenis otter yang bisa dipelihara ?

Berang-berang atau otter pasti banyak jenisnya, tapi sebelum memutuskan merawatnya apakah jenis jenis otter yang bisa dijadikan peliharaan ?

Jenis - jenis Otter Indonesia yang bisa dpelihara :

  1. Lutra sumatrana atau berang - berang hidung berbulu
    Jenis otter yang satu ini memiliki ciri - ciri terdapat bulu di sekitaran hidungnya, habitanya tersebar mulai dari Thailand, Vietnam, Kamboja, Malaysia dan Indonesia. Di Indonesia dapat ditemukan di Sumatra dan Kalimantan. Namun jenis berang berang ini terdaftar sebagai spesies dilindungi berdsarkan PP Mo.7 Tahun 1999.

  2. Lutra lutra atau berang - berang utara
    Otter dengan ukuran tubuh yang mencapai 1 meter dengan berat 7kg ini hidupnya ditempat basah atau berair seperti air laut, sungai, danau, rawa, air tawar dan air payau. Penyebaran otter jenis lutra lutra ini lebih luas dari jenis sebelumnya yaitu dari Afrika timur laut, Eropa dan Asia. Karena termasuk hewan langka maka di Indonesia dilindungi PP no.7 tahun 1999.

  3. Aonyx cinereus atau berang - berang cakar kecil
    Berang - berang cakar kecil ini adalah jenis berang - berang yang bisa dipelihara dan sudah biasa hidup berdampingan dengan manusia. Ukurannya kecil menggemaskan sekitar 65-70 cm dengan berat badan 5 kg. Tingkahnya sangat lucu, otter ini senang bermain - main dan dapat berdiri dengan kedua kaki belakangnya.

  4. Lutrogale perspicillata atau berang - berang bulu licin
    Otter berukuran jumbo sepanjang 1,2 meter dengan berat 11 kg mempunyai populasi terbesar yang ditemukan di Indonesia. Jenis ini adalah perenang yang kuat, hidup berkelompok dan suka berburu di daerah yang dangkal. Sama seperti otter cakar kecil, jenis ini juga suka bermain - main.

Itulah jenis - jenis otter atau berang berang yang dapat dipelihara ataupun yang tidak dapat dipelihara karena dilindungi oleh peraturan pemerintah. Jika Anda ingin memelihara otter sebaiknya harus bijak dan memperhatikan peraturan yang ada.