Apa saja Jenis Makanan yang Mampu Melawan Peradangan Pada Tubuh ?


Dilansir HelloSehat.com Penyakit rematik, diabetes, asma, iritasi usus, atau penyakit jantung disebabkan oleh adanya peradangan pada tubuh yang tidak disembuhkan. Biasnaya penyakit ini muncul di usia tua, tapi juga bisa terjadi jika makanan yang dikonsumsi bisa memicu terjadinya peradangan. Untuk menghindari penyakit tersebut, sebagian besar orang menjalani diet antiradang atau hanya mengonsumsi makanan-makanan yang sifatnya melawan peradangan. Apa saja Jenis Makanan yang Mampu Melawan Peradangan Pada Tubuh ?

1. Sayur dan buah

Sayur dan buah memang memiliki banyak sekali nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Anda dapat dengan mudah menikmati sayur dan buah dalam menu makanan ataupun jus. Beberapa sayur dan buah yang membantu tubuh mengurangi peradangan, meliputi:

Bok choy
Bok choy dikenal juga dengan kubis Cina, yang mengandung lebih dari 70 senyawa antioksidan, salah satunya adalah asam hydroxycinnamic. Senyawa ini membantu tubuh meningkatkan sistem kekebalan tubuh terhadap infeksi.

Brokoli
Sayuran mengandung tinggi kalium, magnesium, dan antioksidan, seperti flavonoid dan karotenoid. Antioksidan tersebut saling bekerja sama untuk menurunkan stres oksidatif dalam tubuh, yaitu jumlah radikal bebas yang melebihi kapasitas tubuh untuk dinetralkan. Brokoli juga ampuh untuk mencegah penyakit kanker dan penyakit jantung.

Seledri
Selain daun dan batangnya, biji seledri juga memiliki khasiat yang sama, yaitu mengurangi peradangan dengan melawan infeksi bakteri. Manfaat lain yang bisa Anda dapatkan bila memakannya adalah menjaga keseimbangan mineral dalam tubuh dan kadar kolesterol. Anda bisa menambahkan seledri pada sup atau dibuat jus.

Nanas
Buah berwarna kuning ini mengandung bromelain yang memberikan banyak manfaat pada tubuh. Bukan cuma mengurangi peradangan, manfaat nanas lainnya adalah mencegah terjadinya penggumpalan darah pada pembuluh yang menghambat sirkulasi darah.

Buah bit
Tanaman yang mirip kentang kecil berwarna merah ini mengandung banyak antioksidan yang dapat memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak akibat peradangan. Kalsium dan magnesium yang terdapat pada buah bit sangat rendah, sehingga tidak akan menyebabkan penumpukan kalsium yang menyebabkan batu ginjal.

2. Ikan salmon

Ikan salmon mengandung asam lemak omega-3 yang paling ampuh untuk mengurangi peradangan. Selain itu, daging ikan ini sangat baik untuk meningkatkan kemampuan otak, baik untuk mempertajam daya ingat dan meningkatkan konsentrasi.

3. Biji-bijian

Biji rami (flax seed)
Walaupun bentuknya kecil-kecil, biji rami termasuk makanan yang mengandung antioksidan, yaitu polifenol. Manfaatnya adalah mencegah penuaan dini serta menjaga keseimbangan hormon dan bakteri baik di dalam tubuh.

Chia seed
Chia seed mengandung asam lemak omega-3, asam lemak omega-6, dan juga asam lemak esensial alfalinolenat. Ketiga asam lemak tersebut mampu mengatur kolesterol, menurunkan tekanan darah, dan mengurangi stres oksidatif sehingga sering dikonsumsi oleh orang dengan aterosklerosis.