Apa saja jenis makanan yang dapat membantu imunitas?

Dalam musim hujan yang tak menentu seperti ini, kira-kira makanan apa saja yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan menjauhkan kita dari flu dkk.?

Diterjemahkan dari webmd.com, berikut ini beberapa makanan yang baik untuk imunitas:

Jamur Kancing
Mengandung selenium dan riboflavin dan niasin (derivate vitamin B).
Beberapa penelitian menunjukan tingginya kadar selenium dalam tubuh berbanding terbalik dengan risiko terkena flu. Sementara riboflavin dan niasin dapat membantu fungsi imunitas tubuh.

Tiram
Mengandung Zinc, yang memiliki kemampuan untuk melawan virus, karena zinc membantu membuat dan mengaktivasi sel darah putih yang terlibat dalam respon imun, juga mempercepat penyembuhan luka.

Semangka
Mengandung glutathione yang dapat memperkuat sistem imun. It’s not only refreshing. When it’s ripe, it’s also got plenty of an antioxidant called glutathione. It strengthens the immune system so it can fight infection.
To get the most glutathione in your watermelon, eat the red pulpy flesh near the rind.

Low-Fat Yogurt
Mengandung probiotik yang dapat menurunkan gejala demam. Cari juga yang mengandung vitamin D, karena ada penelitian yang menyatakan orang dengan kadar vitamin D dalam tubuh tinggi jarang terkena flu.

Bayam
Mengandung asam folat, yang membantu tubuh membentuk sel baru dan memperbaiki DNA. Bayam juga kaya serat, vitamin c sebagai antioksidan, dan sebagainya.

Teh
Mengandung polyphenols and flavonoids yang berfungsi sebagai antioksidan. Kedua zat ini mencari dan menghancurkan radikal bebas.

Ubi
Mengandung beta-karoten yang dalam tubuh akan berubah menjadi vitamin A, yang mengambil radikal bebas. Membantu meningkatkan imunitas dan menjadikan awet muda.

Brokoli
Mengandung vitamin A dan C, dan glutathione.

Bawang Putih
Bawang putih mentah dapat membantu melawan infeksi kulit, karena dapat melawan bakteri, virus, dan jamur. Suplemen yang mengandung bawang putih juga dapat membantu menurunkan kolesterol.

Sup Ayam
Mengandung carnosine yang dapat melindungi tubuh dari flu.

Jahe
Mengandung antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas

sumber:

1 Like

Bawang putih
Baeang putih dapat membantu menjaga kesehatan karena bawang putih mengandung allcin, sebuah komponen kuat yang dapat menghancurkan bakteri dan infeksi.
Daging
Daging kaya akan zink, elemen yang sangat penting dengan kemampuan untuk memproduksi dan memperbanyak sel darah putih. Dan seperti yang kita tahu, sel darah putih membantu kita untuk melawan penyakit.
Yoghurt
Yoghurt mengandung biakan aktif yaitu bakteri yang baik untuk kesehatan. Bakteri tersebut berperan dalam menjaga kesehatan sistem pencernaan.
Buah beri
beri, khususnya blueberry dan raspberry, mempunyai antioksidan yang dapat menguatkan sistem imun tubuh secara alami. Blueberry mempunyai kadar gula yang rendah dibandingkan dengan buah yang lain.
Sayuran Hijau
Sayuran hijau kaya akan vitamin B1, A, dan C. Sayuran tersebut juga kaya akan zink.
Alpuka
alpukat mengandung vitamin B1, C, A, dan mineral-mineral yang membuatnya menjadi buah yang termasuk dalam makanan paling sehat di dunia.
Telur
Telur adalah salah satu makanan yang baik untuk sistem imun. Telur mengandung beberapa vitamin, yang utama adalah vitamin D dengan potensinya untuk membasmi penyakit, dan meregulasi aliran darah dalam tubuh.

sumber : http://www.webkesehatan.com/14-makanan-untuk-meningkatkan-kekebalan-tubuh/