Apa saja jenis makanan dan minuman yang sering merusak warna putih alami gigi?

mulut

Gigi yang ada dalam rongga mulut menjadi salah satu bagian sistem pencernaan yang sangat penting. Gigi digunakan untuk mengunyah, menghaluskan makanan dan membuat semua makanan bisa masuk ke saluran pencernaan. Berbagai bahan yang melewati gigi ini, membuat lapisan luar gigi bisa mengalami perubahan warna. Apa saja jenis makanan dan minuman yang sering merusak warna putih alami gigi?

Jenis makanan dan minuman yang sering merusak warna putih alami gigi:

  1. Teh
    Jika memiliki kebiasaan minum teh seperti jenis teh merah dan teh hitam, maka kebiasaan ini bisa merubah warna putih alami gigi. Bahaya minum teh karena mengandung zat tanin, yang bisa membuat warna gigi menjadi lebih keruh. Bahkan jika sudah menggosok gigi setelah minum teh. Tanin yang bercampur dengan jenis senyawa dari makanan yang mengandung karbohidrat lainnya, juga akan menyebabkan warna lebih keruh. Jika ingin tetap minum teh dengan gigi yang tetap bersih maka bisa mengkonsumsi teh hijau.

  2. Minuman Berkarbonasi
    Bahaya minuman bersoda dan jenis minuman dengan campuran gula akan merusak lapisan enamel gigi. Jika kebiasaan ini dilakukan lebih sering maka warna gigi akan berubah menjadi lebih berat. Minuman yang mengandung bahan karamel juga bisa menyebabkan perubahan warna gigi. Bahkan semua minuman yang mengandung asam bisa membuat warna gigi berubah.

  3. Permen
    Permen adalah makanan yang manis, namun zat manis dari gula dalam permen bisa merubah warna gigi. Permen juga biasanya lama bertahan di mulut sehingga lebih beresiko untuk merusak gigi termasuk kerusakan warna gigi.

  4. Anggur
    Minuman yang terbuat dari anggur mengandung zat tanin sama seperti teh hitam atau teh coklat. Tanin akan tertinggal di dalam gigi dan bisa merubah warna putih gigi menjadi coklat atau kuning. Semua jenis minuman dari anggur bisa merusak warna gigi.

  5. Saos
    Berbagai jenis saos dari cabai, tomat maupun kari juga bisa merusak warna putih alami gigi menjadi lebih coklat atau kuning. Bahkan bahan-bahan ini jika tertinggal lama di dalam gigi juga bisa merusak enamel gigi dan menyebabkan gigi keropos.

Sumber: https://halosehat.com/tips-kesehatan/gigi/cara-merawat-gigi-agar-putih-dan-sehat