Apa saja jenis kuskus yang ada di indonesia ?

Kuskus adalah salah satu jenis mamalia yang mempunyai kantung di Indonesia. Sama seperti halnya kanguru, kuskus betina melahirkan dan kemudian merawat anaknya dan membawa-bawa anaknya di kantung yang ada di bagian perutnya. Apa sajakah jenis kuskus di indonesia ?

Jenis-jenis kuskus yang ada di Indonesia

  1. Ailurops Ursinus atau kuskus beruang adalah kuskus yang disebut dalam bahasa Inggris adalah Bear Phalanger, Bear Cuscus, atau Sulawesi Bear Cuscus.

  2. Phalanger alexandrae atau kuskus gebe adalah kuskus endemik pulau Gebe, yaitu sebuah pulau kecil yang ada di kabupaten Halmahera Tengah dan baru ditemukan pada tahun 1995.

  3. Phalanger carmelitae atau kuskus gunung adalah kuskus yang ada di Papua Indonesia dan juga Papua New Guinea. Status konservasi dari kuskus ini adalah resiko rendah atau least concern.

  4. Phalanger gymnotis atau kuskus tanah adalah kuskus yang ada di Papua Indonesia dan juga Papua New Guinea. Status konservasi dari kuskus ini adalah resiko rendah atau least concern.

  5. Phalanger mata biru atau kuskus mata biru yang merupakan kuskus endemik dari pulau Ternate dan juga Tidore di Maluku. Kuskus yang baru ditemukan di tahun 1995 ini status konservasinya adalah rentan atau vulnerable.

  6. Phalanger mimicus atau kuskus Australia adalah kuskus yang tersebar secara luas meliputi Indonesia di Papua, Australia dan juga Papua New Guinea. Status konservasi dari kuskus ini adalah resiko rendah atau least concern.

  7. Phalanger ornatus atau Moluccan kuskus adalah jenis kuskus yang bisa Anda temui di pulau Bacan, Halmahera, dan juga Morotai. Status konservasi kuskus jenis ini adalah resiko rendah atau least concern.

  8. Phalanger sericeus atau Silky kuskus adalah jenis kuskus yang bisa Anda temui di Papua Indonesia dan juga Papua New Guinea. Kuskus ini hidup di ketinggian sekitar 1.500 meter dpl sampai 3.600 meter dpl statusnya resiko rendah.

  9. Phalanger vestitus atau stein’s kuskus adalah jenis kuskus yang ada di Papua Indonesia dan juga Papua New Guinea. Kuskus ini hidup di ketinggian sekitar 1.200 meter dpl sampai 2.200 meter dpl statusnya resiko rendah.

  10. Spilocuscus maculatus atau Common Spotted kuskus adalah kuskus yang bisa Anda temui di Maluku, kep. Aru, pulau Yapen, Papua Indonesia, Australia, dan juga Papua New Guinea. Status konservasi kuskus ini resiko rendah.

  11. Strigocuscus celebensis atau kuskus kerdil adalah jenis kuskus terkecil yang ada di Sulawesi dan juga pulau di sekitarnya contohnya seperti Siau dan Singhe. Status konservasi dari kuskus ini adalah rentan atau vulnerable.