Apa Saja Jenis Kritik Sastra Feminis?

kritiksastra
Ada beberapa jenis kritik sastra feminis yang berkembang dalam masyarakat. Lalu apa saja jenis kritik sastra feminis yang berkembang dalam masyarakat?

Jenis kritik sastra feminis yang berkembang dalam masyarakat antara lain sebagai berikut:

  • Kritik Ideologi

Kritik sastra feminis ideologi ini melibatkan perempuan, khususnya kaum-kaum feminis sebagai pembaca.Yang menjadi pusat perhatian pembaca adalah citra serta stereotipe seorang perempuan dalam karya sastra. Kritik ini juga meneliti kesalahpahaman tentang perempuan dan sebab-sebab mengapa perempuan sering diperhitungkan, bahkan nyaris diabaikan.

  • Ginokritis

Dalam raga mini termasuk penelitian tentang sejarah karya sastra perempuan, gaya penulisan, tema, genre, dan struktur penulisan perempuan dan mencari perbedaan yang mendasar dengan penulis laki-laki. Di samping itu, dikaji juga kreativitas penulis perempuan, profesi penulis perempuan sebagai suatu perkumpulan, serta perkembangan dan peraturan tradisi penulis perempuan.

  • Kritik Sastra Feminis Marxis/Sosialis

Kritik ini meneliti tokoh-tokoh perempuan dari sudut pandang sosialis, yaitu kelas-kelas masyarakat. Pengeritik feminis mencoba mengungkapkan bahwa kaum perempuan merupakan kelas masyarakat yang tertindas.

  • Kritik Sastra Feminis Psikoanalitik

Kritik sastra feminis psikoanalitik merupakan tulisan perempuan sebagai cermin penulisnya. Karena itu, penulisnya mengidentifikasikan dirinya dengan tokoh yang dibuatnya sebagai pengingkaran atau pernyataan diri terhadap teori Freud yang menyatakan bahwa perempuan iri terhadap kekuasaan (Zakar) laki-laki. Dalam kritik ini, para feminis percaya bahwa pembaca perempuan biasanya mengidentifikasikan dirinya atau menempatkan dirinya pada tokoh perempuan, sedangkan tokoh perempuan tersebut pada umumnya merupakan cermin penciptanya.

  • Kritik Sastra Feminis Lesbian

Jenis kritik sastra feminis lesbian ini hanya meneliti penulis dan tokoh perempuan saja. Ragam kritik ini masih sangat terbatas karena beberapa faktor, feminis kurang menyukai kelompok perempuan homoseksual, kurangnya jurnal-jurnal perempuan yang menulis lesbianisme, kaum lesbian sendiri belum mencapai kesepakatan tentang definisi lesbianisme, dan kaum lesbian banyak menggunakan bahasa terselubung. Pada intinya tujuan kritik sastra feminis lesbian adalah untuk mengembangkan suatu definisi yang cermat tentang makna lesbian dan untuk menentukan apakah definisi tersebut dapat diterapkan pada diri pengarang atau pada teks karyanya.

  • Kritik Sastra Feminis atau Etnik

Kritik sastra feminis ini berusaha mendapatkan pengakuan bagi penulis etnik dan karyanya, baik dalam kajian perempuan maupun dalam kanon sastra tradisional dan sastra feminis. Kritik ini beranjak dari diskriminasi ras yang dialami kaum perempuan yang berkulit selain putih di Amerika (Saraswati, 2003:156).