Apa saja jenis kontes anjing yang Anda ketahui?

Apa saja jenis kontes anjing yang Anda ketahui ?

Apa saja jenis kontes anjing yang Anda ketahui ?

1 Like

Ada beberapa jenis kontes anjing yang dapat diikuti, antara lain adalah sebagai berikut.

  1. Dog fashion show
    Kontes ini menilai kecantikan anjing. Anjing dapat dilatih berjalan “bak pragawati” di atas catwalk bersama pemiliknya.

  2. Dog family show
    Kontes ini menilai kepatuhan anjing. Anjing diuji dengan berbagai keterampilan, seperti duduk, tiarap, tinggal, dan lain-lain.

  3. Pameran satu trah
    Kontes ini memilih anjing dalam trah tersebut. Misalnya, lomba miniature pinscher, pomeranian, atau shih tzu. Penilaian terbebas pada sosok anatomi dan penampilannya.

  4. Pameran multitrah (all breed)
    Kontes ini menilai anjing terbaik dari beragam trah, mulai dari ukuran kecil, sedang, hingga besar. Pemenang dipilih yang berpenampilan terbaik.

  5. Pameran karyaguna
    Kontes ini menilai kepintaran anjing. Dalam kontes ini dibagi menjadi beberapa kelas, yaitu anjing sahabat, anjing pelacak, anjing penjaga, dan anjing karyaguna.

  6. Agility
    Kontes ini juga menilai kepintaran anjing dalam satu permainan. Anjing diperintah naik tangga, masuk terowongan, atau lompat papan.

Dog fashion show dan dog family show mulai marak di Indonesia. Kontes ini biasanya diselenggarakan untuk memeriahkan acara tertentu, seperti pembukaan maupun ulang tahun mal atau pusat pertokoan besar. Hobiis yang ikut pun hanya sekedar bersenang-senang. Agility juga sebenarnya menarik. Sayangnya, kontes agility di Indonesia belum semarak seperti di luar negeri.

Referensi

Budiana, N S. 2008. Anjing Trah Kecil. Jakarta : Penebar Swadaya.