Apa saja jenis kompetitor yang ada didalam bisnis ?

image

Kompetitor adalah salah satu faktor yang harus dipertimbangkan dalam membangun sebuah produk. Apa saja jenis kompetitor yang ada didalam bisnis ?

Yang pertama kita harus ketahui soal kompetitor adalah, jenis-jenis dari kompetitor tersebut. Ada 3 kategori kompetitor yang harus kita ketahui:

1. Kompetitor Langsung
Kompetitor langsung adalah kompetitor yang paling utama, karena memiliki tujuan dan target pasar yang sama. Dari tujuan dan target pasar ini, dapat kita analisa siapa saja kompetitor kita. Biasanya, ada tiga sampai empat perusahaan yang termasuk ke dalam kategori ini.

2. Kompetitor Tidak Langsung
Kompetitor tidak langsung adalah kompetitor yang memiliki produk alternatif dari milik kita. Kompetitor tidak langsung bisa menjadi kompetitor langsung.

3. Substitutes/new entrants
Produk yang termasuk ke dalam kompetitor kategori ini adalah produk yang memiliki tujuan yang sama dengan kita, namun cara penyampaiannya beda (bisa dari bentuk produknya, atau proses bisnisnya, dll). Hal ini penting untuk diamati, untuk melihat adanya produk tersebut dapat menjadi sebuah disruptive technology.

Setelah mengetahui ketiga kategori tersebut, identifikasi perusahaan-perusahaan atau produk-produk di sekitar kita, lalu kategorikan mereka ke dalam 3 kategori di atas. Dengan begitu, kita dapat dengan mudah menindaklanjuti agar kita tidak kalah dari kompetitor kita.

Referensi: