Apa saja jenis kamera yang kamu ketahui untuk traveling?

Traveling nggak lengkap kalau nggak ada dokumentasinya. Apapun destinasinya, selama ada dokumentasi, momen-momen langka bisa kamu abadikan dan dipajang seumur hidup. Untuk mendapatkan dokumentasi yang baik, kamu butuh alat bernama kamera. Nah, di era teknologi yang sudah berkembang pesat, ragam kamera dengan platform yang berbeda pun bermunculan.

Apa saja jenis kamera yang kamu ketahui untuk traveling?

Point-and-shoot (Pocket Camera)

Kamera jenis ini sangat mudah dibawa. Jadi, buat kamu yang ingin traveling ke tempat-tempat wisata tengah kota maupun pinggir pantai, point-and-shoot cocok buat kamu ajak liburan. Pada beberapa tipe, seperti Sony RX100, kapasitas lensanya sangat baik, 20 megapixels. Dibanding kamera smartphone, kamera point-and-shoot unggul dalam hal pembesaran optik dan mode pengambilan gambar yang bervariasi. Kelemahan kamera point-and-shoot sama seperti smartphone, nggak bisa dapat gambar bagus dalam cahaya yang redup. Tapi lumayan buat dibawa jalan-jalan.

Action Camera

image

Kamu tipikal traveler yang suka berpetualang? Maka, action camera adalah jodoh kamu! Memiliki ukuran yang jauh lebih kecil dari pocket, memang nggak banyak fitur manual hadir di jenis kamera ini. Namun, soal kemampuan, jenis kamera action dapat tampil sangat baik di berbagai kondisi maupun medan. Mau foto di dalam air, di atas salju maupun kondisi berdebu, kamera ini sangat mengesankan. Dengan jangkauan yang lebar, kamu bisa mendapatkan foto yang menyeluruh. Cuma satu kekurangan dari action camera, nggak bisa di-zoom!

DSLR

Model kamera ini sangat direkomendasikan kepada kamu yang punya skil foto baik. Maklum, dengan fitur manual, kamu bisa mendapatkan kualitas gambar, pilihan jangkauan hingga cakupan lensa yang lebih baik. Pilihan lensa bisa kamu sesuaikan dengan destinasi wisata kamu. Jika ingin foto pemandangan, kamu bisa pakai lensa standar. Tetapi jika ingin mendapatkan obyek jauh, kamu bisa bawa lensa tele. Kekurangannya soal kepraktisan lantaran kamu harus siap ruang lebih untuk membawa pilihan lensa. Jadi, siap-siap ribet saja, deh!

1 Like