Apa saja jenis-jenis ular dipong ?

image

Ular dipong sering ditemukan di perkebunan kelapa sawit, dimana ular ini kelihatannya lebih berlimpah di habitat terganggu oleh aktivitas manusia dibandingkan habitat aslinya karena populasi tikus yang banyak tersebar disitu.

Apa saja jenis-jenis ular dipong yang banyak ditemui di daerah indonesia?

Blood Python (Brongersmai)

image

Blood Python (Brongersmai) adalah jenis yang sering kita temukan dipasaran dengan warna coklat kemerahan atau kekuningan, beberapa ada yang dominan berwarna merah atau biasa kita sebut Red dipong. Red dipong memiliki harga lebih tinggi dari dipong yang biasa (coklat merah dan coklat kekuningan). Jenis ini memiliki ukuran lebih besar dari jenis lainnya. Tersebar di pulau sumatera seperti medan, riau, bangka dan sekitarnya.

SSTP (Sumatera Short Tail Python)

image

Ular dipong jenis ini berwarna hitam dengan sisi berwarna putih pucat.(berasal dari daerah lampung) dan berwarna hitam dengan sisi kuning keputihan pucat, kepala berwarna kuning pucat dengan bola mata orange atau merah (berasal dari daerah bengkulu, padang, nias, kepulauan mentawai dan sekitarnya).

BSTP (Breitensteini/ Borneo Short Tail Python)

image

Breitensteini/ Borneo Short Tail Python adalah Salah satu jenis yang disukai selain Red Dipong. Berwarna abu abu kehitaman dengan warna kepala kuning dan keabu abuan. Berwarna lebih terang. Berasal dari pulau kalimantan serawak, kinabalu, malaysia.