Apa saja jenis-jenis tembang yang ada di Jawa Tengah?

Apa saja jenis-jenis tembang yang ada di Jawa Tengah ?

Apa saja jenis-jenis tembang yang ada di Jawa Tengah ?

2 Likes

Di Jawa Tengah, secara umum paling tidak ada 3 jenis tembang, yaitu : tembang gedhe (sekar ageng), tempang tengahan (sekar tengahan), tembang cili (sekar alit) yang sering disebut sekar macapat.

  1. Tembang gedhe (sekar ageng)
    Tembang gedhe (sekar ageng) adalah karya sastra tradisi Jawa yang berbentuk puisi dan memiliki struktur yang terpola secara khusus, dalam istilah bahasa jawanya basa pinathok, artinya bahasa maupun sastranya telah diatur sedemikian rupa.
  2. Tembang tengahan
    Tembang tengahan atau tembang madya adalah karya sastra Jawa pada periode yang ketiga, termasuk jenis waosan berbentuk puisi tradisi Jawa. Disebut tembang tengahn dimungkinkan karena pemunculannya sesudah tembang gedhe sebelum tembang macapat. Kecuali itu, apabila dicermati dari bahasa yang digunakan, dalam tembang madya menggunakan bahasa Jawa madya atau Jawa Tengahan.
  3. Tembang macapat
    Tembang macapat sebagai salah satu karya sastra tradisi jawa yang di dalam masyarakatJawa disebut puisi tradisi, dan memiliki struktur yang terpolakan secara khusus. Unsur terkecil dari macapat adalah suku kata, yang kemudian disebut wanda. Satuan suku kata dalam jumlah tertentu membentuk menjadi baris , yam=ng kemudian disebut gatra.
Referensi

Suyoto dan Haryono, T. 2015. Vokal dalam Karawitan gaya Surakarta (Studi Kasus Kehadiran Kinanthi dalam gendhing). Jurnal pengetahuan, Pemikiran, dan kajian Tentang “Bunyi”. Vol 15. No 1 : 60-74.