Apa saja jenis jenis pisang?

Pisang merupakan jenis buah yang sering di konsumsi oleh masyarakat indonesia. Manfaat vitamin dan karbohidrat pada buah pisang menjadikan orang memburunya.

image

  1. Pisang Raja
    Pisang Raja

Pisang raja memiliki ciri-ciri buah yang melengkung sedikit keatas, kulitnya tebal namun sedikit kasar. Jika sudah matang buah ini berwarna kuning orange, dengan aroma yang harum dan rasanya yang legit dan manis.

Keunggulan dari pisang raja yaitu memiliki aroma yang harum dibanding jenis pisang lainnya. Selain itu jenis pisang ini memiliki ukuran yang tidak terlalu besar maupun kecil.

Ciri lainnya dari pisang raja adalah apabila belum masak atau matang makan pisang ini berwarna hijau dan kemudian berubah warna menjadi kuning keemasan. Hal yang enaknya dari pisang ini adalah dapat dikonsumsi langsung tanpa terlebih dahulu digoreng ataupun direbus maupun dikukus.

Dalam hal pengolahan pisang model seperti ini umumnya dijadikan keripik pisang atau pisang sale. Namun untuk pengolahan ini biasanya digunakan pisang yang belum matang atau yang masih berwana hijau.

  1. Pisang Ambon Lumut

Pisang ambon lumut berbentuk lurus dengan panjang 15-17 cm dan berdiameter 42 mm dengan kulit yang cukup tebal. Keunikan dari pisang ambon yaitu tetap berwarna hijau meskipun sudah matang. Namun jika sudah terlalu matang warnanya kekuning-kuningan bercak coklat. Pisang ini memiliki aroma yang harum dengan tanpa biji.

Jika kamu mengkonsumsi pisang ambon lumut maka akan kamu dapati buah yang berwarna lebih putih dan ukuran yang lebih kecil jika dibandingkan dengan jenis pisang ambon lainnya.

Begitu juga aroma yang terkandung pada buah pisang ini sangat harum dan memiliki rasa yang tinggi daripada jenis pisang ambon yang lain. Dalam hal pengkosumsian sama seperti pisang raja yaitu dapat dikomsumsi secara langsung.

#3. Pisang Barangan

Ciri-ciri pisang barangan yaitu bertekstur lurus degan panjang sekitar 11 cm dan berdiameter 30 mm. Daging buah pisang barangan berwarna kuning sedikit putih, rasanya manis dan tidak berbiji. Pisang ini biasanya disajikan sebagai makanan pencuci mulut pada acara-acara pesta.

Pisang barangan merupakan komoditi unggulan di wilayah Sumatera Utara terutama di Kabupaten Deli Serdang. Kenapa ini dijadikan komoditi unggulan?

Karena pada buah pisang ini memiliki kandungan gizi yang cukup untuk tubuh. Diantaranya adalah setiap 100 gram pisang barangan mengandung energi 110 kal, karbohidrat 25,8 gr, protein 1,2 gr dan vitamin C 3 gr.

Namun tidak hanya di Sumatera Utara saja pisang ini dibudidayakan tetapi juga beberapa daerah lain yang ada di Jawa mulai membudidayakan jenis pisang ini.

  1. Pisang Raja Sereh

Ciri fisik dari buah ini yaitu warna kuning kecoklatan namun jika sudah matang akan berbintik cokelat gelap. Daging berwarna putih dengan tekstur lunak dan rasa sedikit asam.

Meskipun buah pisang ini sedikit asam, ada banyak kandunganan yang apabila kita konsumsi dapat menyehatkan tubuh. Apa sajakah itu?

Setiap satu buah pisang sereh mengandung energi sebesar 110 kkal, protein 1,2 gr, karbohidrat 31,1 gr, lemak 0,2 gr, kalsium 7 mg dan fosfor 29 mg. Selain itu pisang raja serah juga mengandung aneka vitamin diataranya vitamin A, B10 dan C.