Apa saja jenis-jenis Penyu yang ada di Indonesia?

turtle

Indonesia merupakan negara dengan garis pantai terpanjang di Dunia. Indonesia juga merupakan rumah dari banyak hewan-hewan eksotis, tak terkecuali bagi penyu. Apa saja jenis-jenis Penyu yang ada di Indonesia?

Jenis Penyu di Indonesia


Penyu dibagi menjadi beberapa jenis sesuai dengan bentuk fisik tubuhnya yaitu antara lain:

1. Penyu Hijau (Chelonia mydas)

image

Penyu hijau merupakan jenis penyu yang paling sering ditemukan dan hidup di laut tropis. Dapat dikenali dari bentuk kepalanya yang kecil dan paruhnya yang tumpul. Dinamai penyu hijau bukan karena sisiknya berwarna hijau, tapi warna lemak yang terdapat di bawah sisiknya berwarna hijau. Tubuhnya bisa berwarna abu-abu, kehitam-hitaman atau kecoklat-coklatan. Daging jenis penyu inilah yang paling banyak dikonsumsi di seluruh dunia terutama di Bali. Mungkin karena orang memburu dagingnya maka penyu ini kadang-kadang pula disebut penyu daging.

Penyu hijau dewasa hidup di hamparan padang rumput dan ganggang. Berat penyu hijau dapat mencapai 400 kg, namun di Asia Tenggara yang tumbuh paling besar sekitar separuh ukuran ini. Penyu hijau di Barat Daya kepulauan Hawai kadang kala ditemukan mendarat pada waktu siang untuk berjemur panas. Anak-anak penyu hijau (tukik), setelah menetas, Tukik akan menghabiskan waktu di pantai untuk mencari makanan.

Tukik penyu hijau yang berada di sekitar teluk California hanya memakan alga merah. Penyu hijau akan kembali ke pantai asal ia dilahirkan untuk bertelur setiap 2 hingga 8 tahun sekali. Ketika penyu hijau masih muda mereka makan berbagai jenis biota laut seperti cacing laut, udang remis, rumput laut juga alga. Ketika tubuhnya mencapai ukuran sekitar 20-30 cm, mereka berubah menjadi herbivora dan makanan utamanya adalah rumput laut.

2. Penyu Sisik ( Eretmochelys imbricata)

image

Penyu sisik atau dikenal sebagai hawksbill turtle karena paruhnya tajam dan menyempit/meruncing dengan rahang yang agak besar mirip paruh burung elang. Demikian pula karena sisiknya yang tumpang tindih/over lapping ( imbricate ) seperti sisik ikan maka orang menamainya penyu sisik. Ciri-ciri umum adalah warna karapasnya bervariasi kuning, hitam dan coklat bersih, plastron berwarna kekuningkuningan. Terdapat dua pasang sisik prefrontal. Sisiknya (disebut bekko dalam bahasa Jepang) banyak digunakan sebagai bahan baku dalam industri kerajinan tangan terutama di Jepang untuk membuat pin, sisir, bingkai kacamata dll.

Penyu sisik selalu memilih kawasan pantai yang gelap, sunyi dan berpasir untuk bertelur. Paruh penyu sisik agak runcing sehingga memungkinkan mampu menjangkau makanan yang berada di celah-celah karang. Mereka juga memakan udang dan cumi-cumi.

3. Penyu Tempayan ( Caretta caretta )

image

Penyu ini dalam bahasa Inggris bernama loggerhead turtle . Warna karapasnya coklat kemerahan, kepalanya yang besar dan paruh yang bertumpuk ( overlap ) salah satu ciri mengenali penyu tempayan. Disamping itu, terdapat lima buah sisik di kepala bagian depan ( prefrontal ), umumnya terdapat lima buah sisik vertebral . Plastron berwarna coklat muda sampai kuning. Penyu tempayan termasuk jenis karnivora yang umumnya memakan kerang-kerangan yang hidup di dasar laut seperti kerang remis, mimi dan invertebrata lain.

Penyu tempayan memiliki rahang yang sangat kuat untuk menghancurkan kulit kerang. Penyu tempayan dapat dijumpai hampir di semua lautan di dunia. Hewan ini memiliki panjang 70 cm - 210 cm dengan berat 135 kg - 400 kg. Penyu tempayan memiliki kebiasaan akan kembali ke pantai tempat asal penyu menetas untuk bertelur. Penyu tempayan mulai bertelur setelah berumur 20 sampai 30 tahun dan mempunyai masa penetasan telur selama 60 hari.

4. Penyu Lekang ( Lepidochlys olivacea )

image

Dalam bahasa Inggris, penyu ini dikenal dengan nama olive ridley turtle . Penampilan penyu lekang ini adalah serupa dengan penyu hijau tetapi kepalanya secara komparatif lebih besar dan bentuk karapasnya lebih langsing dan bersudut. Tubuhnya berwarna hijau pudar, mempunyai lima buah atau lebih sisik lateral di sisi sampingnya dan merupakan penyu terkecil di antara semua jenis penyu yang ada saat ini. Seperti halnya penyu tempayan, penyu lekang juga karnivora. Mereka juga memakan kepiting, kerang, udang dan kerang remis.

5. Penyu Pipih ( Natator depressus )

image

Penyu pipih dalam bahasa Inggris bernama flatback turtle . Pemberian nama flatback turtle karena sisik marginal sangat rata ( flat ) dan sedikit melengkung di sisi luarnya. Di awal abad 20, spesies ini sempat agak ramai diperdebatkan oleh para ahli. Sebagian orang memasukkannya ke dalam genus Chelonia , namun setelah diteliti dengan seksama para ahli sepakat memasukkannya ke dalam genus Natator , satu-satunya yang tersisa hingga saat ini. Jenis ini karnivora sekaligus herbivora.

6. Penyu Belimbing ( Dermochelys coriacea )

Penyu belimbing telah bertahan hidup selama lebih dari ratusan juta tahun, kini spesies ini menghadapi kepunahan. Selama dua puluh tahun terakhir jumlah spesies ini menurun dengan cepat, khususnya di kawasan pasifik. Di kawasan Pasifik, seperti di Indonesia, populasinya hanya tersisa sedikit dari sebelumnya (2.983 sarang pada tahun 1999 dari 13000 sarang pada tahun 1984).

Penyu belimbing memiliki karapas berwarna gelap dengan bintik putih. Ukuran penyu belimbing dapat mencapai 180 cm dan berat mencapai 500 kg. Spesies ini menghabiskan sebagian besar hidupnya di lautan terbuka dan hanya muncul ke daratan pada saat bertelur. Penyu belimbing betina dapat bertelur empat sampai lima kali per musim, setiap kali sebanyak 60 sampai 129 telur. Penyu belimbing bertelur setiap dua atau tiga tahun dengan masa inkubasi sekitar 60 hari

1 Like