Apa saja jenis-jenis model kit atau Action Figure Terfavorit di Indonesia?

image
Saat ini berbagai kalangan di Indonesia sangat gemar mengoleksi aneka figur aksi atau miniatur dari berbagai tokoh yang fenomenal. Bahkan beberapa diantaranya sampai rela menghabiskan banyak budget untuk memenuhi kecintaannya pada suatu public figur yang diidolakan. Bahkan beberapa orang rela menghabiskan waktu ke luar negeri untuk dapatkan miniatur dari figur yang sangat diinginkan.Nah untuk di indonesia action figure apa saja yang saat ini sedang di gandrungi?

Setelah berbicara dan menyaksikan dengan mata kepala sendiri, saya merasa dan sadar bahwa masih ada sekelompok orang yang belum mengerti dengan berbagai jenis action figure Gundam, mulai dari versi, bentuk, dan ukurannya. Sebagai orang yang ikut bermain di dalam industri mainan atau action figure, pada artikel ini, Saya akan membahas mengenai “Jenis-jenis action figure gundam” supaya kamu bisa mengerti bentuk Gundam seperti apa yang akan kamu beli nantinya.

Saya rasa sebagian besar orang yang mengikuti perkembangan dunia anime pasti tahu bahwa Gundam adalah serial anime robot yang sudah sangat terkenal hingga ke penjuru dunia. Jumlah fanbase yang besar dan setia membuat ketenaran Gundam tidak akan hilang ditelan zaman. Dengan besarnya jumlah fanbase ini, action figure Gundam bisa kamu temukan hampir di seluruh toko mainan yang menjual berbagai macam action figure, baik itu buatan Jepang ataupun Amerika. Yang jelas, mencari action figure Gundam itu tidaklah susah, kecuali untuk jenis-jenis tertentu yang tergolong Gundam yang langka.

Tahukah kamiu bahwa action figure Gundam ini pada umumnya dikenal dengan nama Gundam Plastic Model atau disingkat dengan Gunpla. Ini dikarenakan Gunpla adalah Gundam yang terbuat dari bahan plastik. Berdasarkan pengalaman saya bertanya kepada orang-orang termasuk teman saya, mereka masih belum mengerti istilah dari “Gunpla” ini karena Gunpla belum menjadi kosakata yang  umum yang biasa didengar oleh orang awam. Setahu saya, orang-orang ini masih terlalu akrab dengan istilah “action figure Gundam” dibandingkan “Gunpla” ketika mereka ingin membelinya.

 

action figure gundamaction figure gundam

Action figure Gundam atau Gunpla ini berbeda dengan action figure lainnya. Jika action figure lain sudah hadir dalam bentuk sempurna ketika pertama kali kamu membelinya, di sisi lain, kamu harus merakit Gunpla terlebih dahulu sebelum kamu bisa menampilkannya dalam versi Gundam seutuhnya yang lengkap dengan kepala, kaki, tangan, badan, senjata, dan aksesoris-aksesoris lainnya. Gundam Plastic Model hanya tersedia dalam bentuk Model Kit atau dikenal dengan part-part kecil yang harus kamu rakit ketika pertama kali membeli Gunpla. Selain itu, kamu juga akan mendapatkan stiker yang bisa ditempelkan di bagian tubuh sang Gunpla supaya penampilannya terlihat semakin keren dan berwarna-warni, bergantung dari jenis Gunpla tersebut.

Lalu, muncul lah pertanyaan yang biasa saya dengar, “Apakah merakit Gunpla itu susah kakak?” Jawabannya adalah tidak!! Kenapa saya bilang tidak? Karena ketika kamu membeli Gunpla, tidak hanya Model Kit yang kamu dapatkan, kamu juga akan mendapatkan petunjuk dalam bentuk gambar, lengkap dengan langkah-langkah yang harus kamu ambil untuk merakit Gunpla tersebut, dari yang hanya berbentuk part-part kecil hingga menjadi bentuk Gundam yang keren. Ketika merakit Gunpla, yang kamu butuhkan adalah tingkat ketelitian dan kesabaran yang tinggi. Perlu kamu ketahui bahwa membangun Gunpla bukanlah kegiatan yang bisa diselesaikan dalam waktu yang singkat. Itulah kenapa kamu membutuhkan tingkat kesabaran yang tinggi ketika merakitnya karena tingkat kerumitannya berbeda-beda untuk setiap model Gunpla ini.

Sekarang, mari kita membahas versi atau model Gunpla yang sedang beredar bebas dan luas di pasaran.

Pada umumnya, versi Gunpla yang banyak kamu temui di pasaran adalah versi High Grade (HG)Real Grade (RG)Master Grade (MG)Perfect Grade (PG), dan yang paling imut serta lucu adalah Super Deformed (SD). Walau ada model lain selain yang saya jelaskan tadi, tapi secara umum itulah versi yang akan sering kamu temui di toko gundam manapun. Setiap versi Gunpla ini memiliki kelebihannya masing-masing. Dan terkhusus untuk para pembaca Akiba Nation, saya sudah merangkumnya secara singkat dan cukup detil supaya gampang dicerna dan dipahami oleh siapapun orang yang membaca artikel ini. Semoga bermanfaat :

1. Super Deformed (SD)

Super Deformed (SD)Super Deformed (SD)

Super Deformed adalah versi Gunpla yang paling unyu, lucu, dan juga imut. Ketinggian Gunpla ini hanya sekitar 8-10cm saja. Super Deformed adalah Gunpla keluaran terbaru yang sangat berbeda dengan versi lainnya. Berbeda dengan versi lainnya dimana kamu bisa membentuk pose setiap Gunpla sesuai dengan keinginanmu, Super Deformed memiliki ruang gerak yang sangat terbatas karena ukuran tubuhnya yang kecil dan joint part yang tidak fleksibel. Saya rasa ini wajar-wajar saya karena Super Deformed memang tidak dibuat untuk menjadi Gunpla yang poseable, melainkan hanya untuk ditampilkan dalam bentuk yang lucu saja.

Saya rasa ini merupakan angin segar di dunia Gunpla yang bisa mencairkan suasana karena bentuknya yang tidak biasa dan unik.Super Deformed hadir dengan ukuran kepala yang lebih besar dibandingkan badannya. Inilah yang membuatnya lebih unik ketimbang teman-temannya yang lain. Super Deformed cocok bagi orang yang tidak suka kerumitan dan menginginkan sesuatu yang lebih simple. Gunpla ini bisa kamu dapatkan di pasaran dengan harga sekitar Rp70.000 – Rp150.000.

 

2. High Grade (HG) 

High Grade (HG)High Grade (HG)

High Grade adalah versi Gunpla yang paling standar yang beredar di pasaran saat ini. High Grade memiliki ukuran dengan skala 1/144 atau dengan ketinggian sekitar 13-15cm. Harganya cukup pas di kantong yang berada di kisaran Rp120.000 – Rp400.000, bergantung dari jenis Gunpla itu sendiri. High Grade (HG) ssecara umum lebih gampang dirakit dibanding versi lainnya karena seperti apa yang saya katakana tadi bahwa detil dan artikulasi pada Gunpla ini tergolong standar. Tingkat fleksibilitas dan warna part pada versi ini juga terbatas, itulah kenapa kamu harus menempelkan stiker untuk memberikan warna yang proporsional pada Gunpla dengan versi High Grade ini. Namun secara keseluruhan, ini adalah versi yang wajib dimiliki oleh para pecinta Gunpla. High Grade adalah versi Gunpla yang sangat cocok bagi kamu yang tergolong pemula dalam merakit Gunpla. Jika kamu sudah berhasil dan mengetahui triknya dengan mudah, selanjutnya kamu harus segera mencoba merakit Real Grade.

 

3. Real Grade (RG)

Real Grade (RG)Real Grade (RG)

Real Grade adalah versi Gunpla yang sangat canggih yang dilengkapi dengan “Advanced MS joint part” yang memiliki tingkat artikulasi yang sangat tinggi. Detil Gunpla pada versi ini sangatlah luar biasa menakjubkan.Tingkat detil yang sangat tinggi ini membuat part-part yang akan kamu rakit nantinya tersedia dengan ukuran yang sangat kecil. Dengan detil yang dibuat sedemikian rapi dan indah, bentuk Gundam ini nantinya akan terlihat dengan indah di mata siapa saja orang yang melihatnya. Tampilan armor yang begitu mendalam akan melelehkan setiap pasang mata yang melihatnya, seakan-akan terbuat dari bahan metal yang sama dengan versi serial anime-nya.

Dengan “Advanced MS Joint Part,” kamu bisa dengan bebas membentuk pose Gunpla ini sesuka hatimu karena Gunpla ini memang diciptakan untuk menjadi Gunpla yang sangat fleksibel dan juga poseable. Warna part yang tersedia pun juga sangat beragam, ini membuat Real Grade tampak lebih berwarna-warni dan bercahaya dibandingkan dengan High Grade. Namun, skala versi ini sama dengan High Grade, yaitu 1/144 dengan ketinggian 13-15cm. Harganya pun dipatok sekitar Rp290.000 – Rp400.000, bahkan hingga Rp800.000. Real Grade adalah versi yang dianjurkan bagi veteran yang telah lama melintang di dunia Gundam. Bisa dibilang bahwa Real Grade adalah versi kecil dari Perfect Grade (PG).

 4. Master Grade (MG)

Master Grade (MG)Master Grade (MG)

Bagi kamu yang menginginkan Gunpla dengan ukuran yang lebih besar, Master Grade bisa menjadi pilihan kamu karena Gunpla dengan versi ini memiliki skala 1/100 dengan ketinggian sekitar 17-19cm.