Apa saja jenis-jenis manajemen resiko?

image

Jenis-Jenis Manajemen Risiko

Seiring dengan perkembangannya, manajemen risiko dibagi menjadi beberapa hal; Risiko Operasional, Risiko Bahaya, Risiko Keuangan, Risiko Strategis.

1. Manajemen Risiko Operasional

Manajemen ini terkait dengan risiko yang timbul dari kegagalan fungsi proses internal, misalnya karena kesalahan manusia, kegagalan sistem, faktor eksternal seperti bencana, dll. Dalam manajemen risiko operasional, ada empat faktor risiko termasuk manusia, proses, sistem, dan eksternal. Dengan memahami manajemen risiko ini, perusahaan dapat mengambil langkah pencegahan atau bahkan sanksi sehingga kapasitas produksi dan layanan tetap terjaga seperti hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.

2. Manajemen Hazard

Manajemen hazard terkait dengan kondisi potensial yang mengakibatkan kebangkrutan dan kerusakan. Ketika kita membahas bahaya, tentu saja kita juga membahas perilaku. Risiko perilaku adalah peristiwa yang dapat menyebabkan kerugian bisnis. Dalam hal ini ada tiga jenis bahaya yang harus diketahui, termasuk bahaya hukum, bahaya fisik dan bahaya moral. Contoh bahaya hukum seperti pelanggaran atau pengabaian peraturan bisnis yang dapat menyebabkan kebangkrutan, seperti pelanggaran SOP atau peraturan perusahaan yang pada akhirnya memiliki konsekuensi fatal.

Sementara bahaya fisik dapat berupa mesin yang sudah tua dan berisiko kehilangan selama produksi. Seperti kecelakaan karyawan karena mesin dan sebagainya. Untuk moral hazard, misalnya, sikap karyawan di lingkungan kerja menimbulkan kerugian. Sebagai contoh, karyawan tidak jujur ​​dan sering korupsi uang. Atau karyawan yang tidak melayani konsumen dengan baik sehingga berdampak buruk bagi perusahaan.

3. Manajemen Resiko Finansial

Manajemen risiko keuangan adalah upaya untuk memantau risiko dan melindungi hak properti, laba, aset, dan aset entitas bisnis. Dalam praktiknya, proses manajemen risiko ini mencakup mengidentifikasi, mengevaluasi, dan mengendalikan risiko jika terbukti mengancam keberlanjutan organisasi.Manajemen ini sangat penting karena ini adalah salah satu sumber daya perusahaan. Karena itu seorang akuntan harus benar-benar mempertimbangkan berbagai risiko lain yang berkaitan dengan keuangan, seperti:

  • Risiko likuiditas
  • Kontinuitas pasar
  • Resiko kredit
  • Risiko regulasi
  • Risiko pajak
  • risiko akuntansi

Manajemen ini juga tidak terlepas dari perubahan nilai tukar mata uang yang terkait erat dengan perubahan inflasi, neraca perdagangan, kapasitas utang, tingkat bunga, dan sebagainya.

4. Manajemen Risiko Strategis

Manajemen ini terkait dengan pengambilan keputusan. Risiko yang biasanya muncul adalah kondisi tak terduga yang mengurangi kemampuan pelaku bisnis untuk menjalankan strategi yang direncanakan. Dalam hal ini beberapa faktor seperti risiko operasi, risiko penurunan nilai aset, risiko kompetitif atau bahkan risiko frenchise (jika ada). Seperti yang tertulis dalam definisi manajemen risiko perusahaan di atas, untuk mengetahui risiko yang paling mungkin terjadi dan merugikan perusahaan adalah dengan menulis item-item penting, Anda dapat membuat daftar berikut:

  • Daftarkan risiko
  • Penilaian risiko sesuai dengan tren dan juga pengaruhnya
  • Penilaian kondisi saat ini
  • Rencana tindakan jika risiko terburuk benar-benar muncul