Apa saja jenis-jenis Lensa yang ada pada kamera?

Lensa

Lensa atau sering disebut kanta adalah sebuah alat untuk mengumpulkan atau menyebarkan cahaya, biasanya dibentuk dari sepotong gelas yang dibentuk. Lensa adalah salah satu sebagai alat penunjang dalam hal fotografi.

Apa saja jenis-jenis Lensa yang ada pada kamera ?

2 Likes

Pada umumnya lensa kamera DSLR terbagi menjadi dua jenis yaitu lensa zoom dan lensa prime yang disebut juga lensa fix. Masing-masing dari jenis lensa tersebut memiliki peruntukkan khusus dan sengaja didesain untuk keperluan tertentu. Kita sebagai konsumen harus mengetahui kegunaan dari kedua jenis lensa di atas agar bisa menyusaikan dengan kebutuhan kita.

1. Lensa zoom
Lensa zoom adalah lensa yang memiliki rentang focal length (FLR) dan bisa diubah-ubah sesuai dengan focal length yang ditentukan pada lensa tersebut. Contohnya, sebuah lensa dengan focal length 18-55mm, maksudnya Anda bisa memilih focal mulai dari 18mm hingga focal maksimum 55mm. Keunggulan lensa zoom yaitu ketika Anda memotret sebuah objek lalu Anda merasa bahwa objek itu terlalu jauh untuk dijangkau, maka Anda tidak perlu repot lagi berjalan mendekati objek, tapi cukup melakukan zooming dengan mengubah focal length lensa hingga ke titik focal maksimum.

Lensa zoom juga terbagi dua jenis yaitu:

  • Zoom Tele adalah jenis lensa yang memiliki focal length yang lebih panjang dari ukuran standar dan didesain khusus untuk memotret objek jarak jauh. Biasanya lensa ini digunakan untuk memotret di alam liar (wildlife photography) seperti memotret hewan dari kejauhan atau kegiatan olahraga.
  • Zoom Wide adalah jenis lensa yang memiliki focal length yang pendek tetapi memiliki jangkauan yang jauh lebih lebar dari lensa tele. Oleh sebab itu lensa ini lebih dikhususkan untuk memotret pemandangan (landscape) agar bisa menjangkau banyak subjek.

Kedua jenis lensa zoom di atas memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing baik secara fungsi dan fisik. Untuk lensa zoom tele memiliki ukuran fisik yang lebih panjang dan bobot yang lebih berat dibandingkan dengan lensa zoom wide yang berukuran pendek dan ringan.

Secara fungsi lensa zoom tele sangat sulit digunakan untuk memotret momen keluarga apalagi jika itu berada dalam ruangan. Beda halnya dengan lensa zoom wide yang justru bisa memotret sekalipun itu rombongan orang yang banyak karena jangkauan lensa ini memang sangat lebar.

2. Lensa Sapujagad
Berdasarkan namanya, lensa ini merupakan gabungan dari lensa zoom tele dan lensa zoom wide. Artinya, dengan menggunakan lensa ini Anda tidak perlu lagi membawa dua jenis lensa zoom sekaligus. Karena lensa sapujagad memang di desain untuk memenuhi kebutuhan dari lensa zoom tele dan lensa zoom wide. Namun bukan berarti lensa ini jauh lebih baik. Hanya saja lensa sapujagad bisa memenuhi kebutuhan standar baik untuk memotret objek jauh maupun memotret jangkaun luas.

3. Lensa Prime
Lensa prime atau dikenal juga dengan sebutan lensa “fix” adalah jenis lensa yang memiliki focal length tunggal / tetap dan tidak bisa diubah-ubah seperti halnya pada lensa zoom. Sesuai dengan namanya maka jenis lensa ini hanya menggunakan satu focal length saja, contohnya “lensa prime 50mm”. Berbeda dengan lensa zoom, maka untuk melakukan zooming saat memotret objek yang jauh menggunakan lensa prime ini, Anda harus melakukan secara manual dengan berjalan maju mundur pada objek.

Secara fisik, kebanyakan lensa prime memiliki ukuran yang mungil dan bobot yang ringan. Apalagi lensa ini sangat nyaman dan tidak repot dibawa kemana-mana. Namun belakang, ada beberapa lensa prime untuk keperluan tele dengan focal length yang panjang dan bobot juga lebih berat. Sementara sangat jarang lensa prime didesain untuk keperluan wide, dan lebih cenderung untuk keperluan portrait dan tele.

Kesimpulannya, bahwa kebutuhan wide maupun tele tidak lagi milik lensa zoom (setidaknya untuk kebutuhan standar), tapi itu bisa juga diterapkan pada lensa prime. Hanya saja pada lensa prime, focal lengthnya tunggal dan tetap, tidak seperti pada lensa zoom yang focal lengthnya bisa berubah-ubah.
Kategori Lensa DSLR.