Apa saja jenis-jenis lensa termahal di dunia?

Dalam bidang fotografi, lensa merupakan alat vital dari kamera yang berfungsi memfokuskan cahaya hingga mampu membakar medium penangkap atau lebih umum dikenal dengan nama film. Terdiri atas beberapa lensa yang berjauhan yang bisa diatur sehingga menghasilkan ukuran tangkapan gambar dan variasi fokus yang berbeda. Di bagian luar lensa fotografi biasanya ditempatkan tiga cincin pengatur, yaitu cincin panjang fokus (untuk lensa jenis variabel), cincin diafragma, dan cincin fokus.

Apa saja jenis-jenis lensa termahal di dunia ?

Lensa kamera merupakan salah satu bagian yang paling penting dari sebuah kamera. Tanpa adanya lensa maka kamera tidak bisa digunakan untuk memotret objek yang anda inginkan. Biasanya para fotografer membutuhkan lensa tele untuk hasil gambar yang lebih bagus terutama untuk pengambilan gambar jarak jauh sehingga akan terlihat lebih dekat dengan objeknya. Seiring berkembangnya zaman menjadikan lensa kamera memiliki jenis yang beragam. Dimana jenis kamera tersebut disesuaikan dengan kebutuhan dengan harga lensa kamera yang bervariasi. Tahukah anda jika ternyata di dunia ini juga terdapat lensa kamera dengan harga termahal dan pastinya akan membuat anda tercengang. Untuk anda yang penasaran dengan lensa kamera termahal di dunia maka berikut akan diberikan informasinya.

Harga Lensa Kamer yang Termahal di Dunia

1. Sigma 200-500 f/2.8 APO

Harga lensa kamera yang satu ini diketahui ditawarkan dengan harga Rp 432 juta. Harga yang mahal tersebut disebabkan karena lensa kamera ini memiliki keunggulan yaitu bentuknya yang menyerupai bazooka sehingga sanfat cocok untuk memotret objek yang besar seperti gedung atau tempat luas lainnya. Lensa kamera ini memiliki tele zoom yang tercepat di dunia serta dilengkapi dengan 2x converter sehingga membuat kemampuan lensa kamera ini bisa mencapai 1000 mm. Lensa kamera yang satu ini juga membutuhkan baterai khusus untuk menjalankan motor fokusnya.
image

Sumber Gambar

https://www.shutterbug.com/content/size-matters-sigma’s-200-500mm-f28-“green-monster”-lens-scares-rivals

2. Canon EF 1200 mm f/5.6
Harga lensa kamera yang satu ini ditawarkan dengan harga yang sangat fantastis yaitu Rp 1.62 miliar. Dengan harga yang begitu mahal tersebut tentunya lensa kamera yang satu ini memiliki keunggulan tersendiri. Dimana keunggulan tersebut yaitu sebagai raksasa telephoto di dunia yang juga diproduksi dalam jumlah terbatas sekitar 100 unit saja di dunia. Lensa ini terdiri dari 11 grup, 13 elemen serta jangkauan yang berkesan sehingga bisa dikategorikan sebagai lensa yang unik dalam sejarah.
image

Sumber Gambar

https://www.the-digital-picture.com/Reviews/Canon-EF-1200mm-f-5.6-L-USM-Lens-Review.aspx

3. Nikon 6 mm f/2.8 Fisheye Lens
Diketahui harga lensa berikut ini adalah Rp 2, 16 miliar yang pasti sangatlah mencegangkan. Harga yang mahal tersebut tak bisa terlepas dari keunggulan yang dimiliki oleh lensa ini berupa adanya lensa fisheye terlebar di dunia yang mampu mengambil sudut tangkap gambar mencapai 220 derajat cukup dengan ukuran 6 mm saja. Bahkan lensa ini juga bisa menangkap objek yang berada di belakangnya. Lensa kamera ini tersusun atas 9 grup dan 12 elemen sehingga tak heran jika bobot lensa ini mencapau 5 kilogram dan langka di dunia.
image

Sumber Gambar

http://www.saveseva.com/lensa-fisheye-super-langka-nikon-nikkor-6mm-f28-bisa-melihat-hingga-ke-belakang/

4. Leica 1600 f/5.6 Telephoro Lens
Lensa kamera yang satu ini ditawarkan dengan harga Rp 27miliar yang pasti sangatlah mahal. Tak heran jika lensa ini memecahkan rekor dunia sebagai lensa yang paling mahal di dunia. Meskipun keunggulan dari lensa ini belum diketahui secara jelas namun lensa ini memiliki panjang 1,2 meter serta beratnya 60 kilogram.
image

Sumber Gambar

https://lightartacademy.com/gear/biggest-zoom-lenses-ever/

Ringkasan

https://caricamera.com/mengenal-harga-lensa-kamera-yang-termahal-di-dunia/